Penggunaan Media Pembelajaran Petak Persegi Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Materi Bangun Datar
Abstract
Rendahnya aktivitas dan hasil belajar peserta didik dalam materi bangun datar disebabkan oleh kurangnya inovasi guru dalam mengemas pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran petak persegi dalam peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik pada materi bangun datar. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak dua siklus, dengan setiap siklusnya terdiri dua pertemuan. Adapun tahapan setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pada siklus 1 rata- rata presentase aktivitas peserta didik sebesar 64,28%. Pada siklus 2 presentase aktivitas peserta didik meningkat menjadi 80,00 %. Sedangkan pada hasil belajar siklus 1 presentase ketuntasan belajar klasikal yaitu 78,57 %, sedangkan pada siklus 2 diperoleh prsentase ketuntasan belajar klasikal 85,71%. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan media petak persegi dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik pada materi bangun datar.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.