The Application Of Mind Mapping Learning Method To Improve Writing Skills Of Summary About Technology Development Themes

Desi Martina

Abstract

Penerapan metode berpengaruh penting dalam ketercapaian kompetensi pembelajaran, terutama pada aspek pengetahuan dan keterampilan. Rendahnya keterampilan menulis peserta didik dapat dipengaruhi karena ketidaktepatan penerapan metode pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui keberhasilan penerapan metode mind mapping dalam meningkatkan keterampilan menulis ringkasan, dan mendeskripsikan penerapan metode mind mapping terhadap peningkatan keterampilan menulis ringkasan tema perkembangan teknologi pada peserta didik kelas III SDN Gebang 2 Sukodono tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode  korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, wawancara, tes, dan observasi. Validitas data  menggunakan  triangulasi  sumber  dan  teknik.  Analisis  data  melalui  reduksi,  penyajian  data,  dan  penarikan  simpulan.  Berdasarkan analisis dan pembahasan hasil penelitian terjadi peningkatan nilai rata-rata yang awalnya 50.00 menjadi 80.00, dan persentase ketuntasan awal 10% naik menjadi 90%. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode mind mapping dapat meningkatkan keterampilan menulis ringkasan peserta didik kelas III tema perkembangan teknologi SD Negeri Gebang 2 Sukodono Tahun Ajaran 2020/2021. 

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.