Peningkatan Hasil Belajar Keragaman Budaya Melalui Model Problem Based Learning di SDN Prawit 1 Surakarta

Azizah Rahmawati

Abstract

Peningkatan hasil belajar keragaman budaya melalui penerapan model Problem Based Learning.  Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar keragaman budaya pada peserta didik kelas IV SDN Prawit 1 Surakarta melalui penerapan model Problem Based Learning. Tindakan Kelas dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SDN Prawit 1 Surakarta tahun 2020/2021 berjumlah 30 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model analisis deskriptif komparatif dan analisis interaktif melalui tiga tahap yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kondisi awal sebelum tindakan, persentase ketuntasan klasikal kelas adalah 33,33%. Persentase ketuntasan klasikal setelah diberi tindakan siklus I menjadi 56,67%, persentase ketuntasan klasikal tindakan pada siklus II menjadi 83,33%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar keragaman budaya peserta didik kelas IV SDN Prawit 1 Tahun Ajaran 2020/2021.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.