Penerapan Metode Pembelajaran Brainstorming untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi di Sekolah Dasar

Ayu Shinta Saraswati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan argumentasi pada peserta didik kelas V SD Negeri Sukabumi tahun ajaran 2020/2021 dengan menerapkan metode pembelajaran Brainstorming. Bentuk dari penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Subjek penelitian merupakan 27 peserta didik kelas V SD Negeri Sukabumi Tahun Ajaran 2020/2021. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Validitas data diperoleh melalui triagulasi isi, sumber, dan teknik. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis interaktif. Kondisi awal keterampilan menulis karangan argumentasi peserta didik kelas V secara klasikal sebesar 14,81%. Ketuntasan di akhir siklus I penelitian ini mencapai 59% dan meningkat menjadi 81% di akhir siklus Il. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat ditarik simpulan bahwa penerapan metode pembelajaran Brainstorming dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan argumentasi pada peserta didik kelas V SD Negeri Sukabumi Ajaran 2020/2021.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.