Realistics Mathematics Education Model To Improve Mathematics Learning Outcomes With Fraction Materials In Grade II

Arum Haryanti

Abstract

Penelitian dilakukan untuk menerapkan langkah model Realistic Mathematics Education, meningkatkan hasil belajar matematika, dan mengidentifikasi kendala serta solusi penerapan model dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas II SDN Ambal kebrek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model ini dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang pecahan di kelas II SDN Ambalkebrek tahun pelajaran 2020/2021 yang dibuktikan dengan persentase ketuntasan hasil belajar pada siklus I sebesar 74,33% menjadi 83,33% pada siklus II. Kendala yang ditemui yaitu kesulitan membuat soal cerita, malu menyampaikan pendapat, dan kurang aktif saat menjawab pertanyaan. Solusi yang diterapkan yaitu membimbing peserta didik yang kesulitan, memberikan penguatan positif, serta memandu peserta didik untuk menjawab pertanyaan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.