Implementation of Guided Inquiries to Increase Science Learning Outcomes about Changes in Objectives
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar IPA tentang perubahan wujud melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pada siklus I ketuntasan peserta didik mencapai 68,42%. Sedangkan pada siklus II mencapi 89,47%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang perubahan wujud pada peserta didik kelas V SDN 1 Karangsari Tahun Pelajaran 2020/2021.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.