Peningkatan Keterampilan Menulis Ringkasan melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)

Annisa Ilmi Nurrani

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menningkatkan keterampilan menulis ringkasan melalui model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada siswa kelas 5 SDN Magersari3 tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Dalam setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data dilakukan dengan analisis data interaktif (Miles dan Huberman). Presentase ketuntasan mengalami peningkatan dari prasiklus, siklus I, hingga siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya peningkatan keterampilan menulis ringkasan pada siswa kelas 5 SDN Magerssri 3 tahun ajaran 2020/2021.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.