ANALISIS SIKAP ILMIAH SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SDN 1 TERSOBO TAHUN AJARAN 2020/2021

Frizky Rahmadhani, Kartika Chrysti Suryandari, Tri Saptuti Susiani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman sikap ilmiah dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV dan mendeskripsikan sikap ilmiah yang ditunjukkan siswa kelas IV dalam pembelajaran IPA di SDN 1 Tersobo tahun ajaran 2021/2021. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik angket, wawancara, dan studi dokumen. Analisis data menggunakan model analisis data kualitatif Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman sikap ilmiah dalam pembelajaran IPA sudah ditanamkan dengan baik oleh orang tua dan guru kelas IV. Guru sudah membuat rubrik penilaian sikap dalam RPP. Akan tetapi, guru belum membuat rubrik penilaian sikap ilmiah secara khusus pembelajaran IPA. Nilai raport (sikap) masih secara umum meliputi nilai sikap spiritual dan sikap sosial. Nilai sikap pada raport siswa sama karena sudah sistem dari pusat jadi tidak bisa mengubahnya. Dalam pembelajaran IPA sikap ilmiah sudah ditunjukkan oleh mayoritas siswa sehingga menunjukkan budi pekerti siswa sudah baik. Pada indikator per aspek sikap ilmiah sudah muncul pada diri siswa meskipun masih ada beberapa siswa yang belum menunjukkan sikap ilmiah tersebut. Pembelajaran yang dilaksanakan masih daring sehingga sikap ilmiah tidak dapat diamati secara langsung, hanya menggunakan instrumen angket, wawancara, dan studi dokumen (nilai sikap pada RPP dan raport nilai sikap).

Keywords

sikap ilmiah; pembelajaran IPA; budi pekerti

Full Text:

PDF

References

Fatonah dan Prasetyo. (2014). Pembelajaran Sains. Yogyakarta: Ombak.

Jasin, M. (2011). Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Miller, L. C., & Northern, T. (2011). 21st Century skills: prepare student for the future. https://eric.ed.gov/?id=EJ921669

Samatowa, U. (2011). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks Permata Puri Media.

Sarwono. (2013). Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Rajawali Pers.

Suciati, dkk. (2014). “Pengaruh Model Pembelajaran Siklus Belajar Hipotetik-Deduktif dengan Setting 7E Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Sikap Ilmiah Siswa SMP”. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA (Volume IV).

Sukaersih, S. (2011). Analisis Sikap Ilmiah dan Tanggapan Mahasiswa Terhadap Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Praktikum. Jurnal Pendidikan Penelitian, Vol. 28 (1). https://media.neliti.com/media/publications/125934-ID-none.pdf

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Toharudin, U. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.

Tursinawati. (2016). Penguasaan Konsep Hakikat Sains Dalam Pelaksanaan Percobaan Pada Pembelajaran IPA di SDN Kota Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar. Vol. 2 (4).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.