Penerapan Model TGT dengan Multimedia untuk Meningkatka Hasil Belajar IPS Tema Peristiwa dalam Kehidupan pada Siswa Kelas V SDN 5 Bumirejo Tahun 2019/2020
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model TGT dengan multimedia; (2) meningkatkan hasil belajar IPS, dan (3) menganalisis kendala dan solusi penerapan model TGT dengan multimedia. Penelitian tindakan kelas kolaboratif ini dilaksanakan dua siklus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 5 Bumirejo. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, dan wawancara. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) langkah-langkah model TGT dengan multimedia yaitu: a) presentasi kelas, b) belajar tim, c) games/turnament, dan d) rekognisi tim; (2) Penerapan model TGT dengan multimedia dapat meningkatkan hasil belajar IPS dengan peningkatan rata-rata persentase ketuntasan yaitu 79,27 % pada siklus I, dan 85,37% pada siklus II. (3) kendala penelitian ini yaitu: a) siswa belum berani menanyakan materi; b) siswa kurang berkerja sama saat mengerjakan LKS; dan c) siswa memerlukan waktu lama saat berdiskusi. Adapun solusi yaitu guru merangsang siswa untuk bertanya, guru memberikan motivasi kepada siswa dalam diskusi, dan guru mengarahkan siswa agar bekerja sama dalam kelompok. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model TGT dengan multimedia yang diterapkan sesuai dengan skenario dapat meningkatkan hasil belajar IPS tema peristiwa dalam kehidupan pada siswa kelas V SDN 5 Bumirejo tahun 2019/2020. Bu
Keywords
TGT, multimedia, hasil belajar IPS
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.