Peningkatan Keaktifan Bertanya Melalui Model Inkuiri Terbimbing Tema Panas dan Perpindahannya pada Siswa Kelas V SD Negeri 3 Wonosari Tahun Ajaran 2018/2019

Peni Setyorini, Kartika Chrysti Suryandari, Ngatman Ngatman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan bertanya melalui model inkuiri terbimbing tema Panas dan Perpindahannya pada siswa kelas V SD Negeri 3 Wonosari tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas V SD Negeri 3 Wonosari yang dilakukan dalam tiga siklus dengan rincian  dua pertemuan untuk setiap siklusnya. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V yang berjumlah 25 siswa dengan rincian 16 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data kuantitatif dan kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/ verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keaktifan bertanya pada tema Panas dan Perpindahannya kelas V SD negeri 3 Wonosari.

 

Keywords

keaktifan bertanya, inkuiri terbimbing, tema Panas dan Perpindahannya

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.