Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Peningkatkan Pembelajaran IPS Tema Panas dan Perpindahannya Tentang Interaksi Manusia dengan Lingkungan di Kelas V SD N 2 Karangsari Tahun Ajaran 2018/2019

Kurnia Indrawati, Muhamad Chamdani, Joharman Joharman

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan pembelajaran IPS dan meningkatkan pembelajaran IPS melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan selama tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD N 2 Karangsari tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan pembelajaran IPS tema panas dan perpindahannya pada siswa kelas V SD N 2 Karangsari tahun ajaran 2018/2019

Keywords

Problem Based Learning, Pembelajaran IPS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.