Penerapan Metode Total Physical Response (TPR) dalam Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris tentang Things in the Classroom pada Siswa Kelas III SDN 4 Kutosari Tahun Ajaran 2018/2019

Novi Nurhayati, Ngatman Ngatman, Suhartono Suhartono

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan penerapan metode Total Physical Response (TPR) dalam peningkatan hasil belajar bahasa Inggris dan meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris tentang things in the classroom melalui penerapan metode Total Physical Response (TPR). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan selama tiga siklus dengan lima pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 4 Kutosari tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu: 1) penerapan metode TPR melalui langkah-langkah (a) mengenalkan kosakata yang akan diajarkan, (b) mengucapkan kalimat yang menggambarkan kosakata, (c) memperagakan kalimat yang menggambarkan kosakata, (d) mengulangi peragaan disertai dengan mengucapkan kalimat yang menggambarkan kosakata, (e) menuliskan kosakata beserta dengan arti dalam bahasa Indonesia; 2) penerapan metode TPR dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas III SDN 4 Kutosari tahun ajaran 2018/2019

Keywords

total physical response (tpr), hasil belajar, bahasa Inggris

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.