Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam Peningkatan Pembelajaran IPS tentang Jual Beli pada Siswa Kelas III SDN 1 Kutowinangun Tahun Ajaran 2017/2018

Arbangatun Fitriana, Tri Saptuti Susiani, Moh. Salimi

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan pembelajaran IPS tentang jual beli melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan pembelajaran IPS kelas III.

Keywords

Inkuiri terbimbing, pembelajaran, IPS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.