The Application of Team-Assisted Individualization (TAI) Type with Multimedia in Improving Social Science Learning about Types of Jobs in Grade III Students of SD Negeri 1 Tamanwinangun in Academic Year 2018/2019

Kartika Tunggal Dewi, Ngatman Ngatman, Joharman Joharman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan langkah-langkah untuk menerapkan model pembelajaran Team-Assisted Individualization (TAI) dan meningkatkan pembelajaran ilmu sosial tentang jenis pekerjaan pada siswa kelas III. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi, triangulasi sumber, dan validitas isi. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Team-Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan pembelajaran IPA tentang jenis pekerjaan pada siswa kelas III yang diketahui melalui peningkatan persentase rata-rata ketuntasan siswa sebesar 60,71% pada siklus pertama, 76,78% pada siklus II, dan 89,28% pada siklus III.

Keywords

model TAI, ilmu sosial, jenis pekerjaan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.