Integrated Reading and Composition (CIRC) Type in Improving Intensive Reading Skills of Grade III SD N 7 Kutosari in Academic Year 2018/2019

Ayu Setiya Munika, Suhartono Suhartono, Tri Saptuti Susiani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan langkah-langkah untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dan meningkatkan keterampilan membaca intensif siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan teknik triangulasi dan sumber. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dilakukan dengan tujuh langkah, yaitu: (1) orientasi, (2) pembentukan kelompok heterogen, (3) pembagian bacaan sesuai dengan topik yang akan dibahas, (4 )diskusi kelompok, (5) membaca hasil diskusi, (6) kesimpulan, dan (7) penutupan. Penerapan model pembelajaran CIRC yang dilakukan dengan langkah-langkah ini dapat meningkatkan keterampilan membaca intensif siswa melalui peningkatan persentase ketuntasan siswa sebesar 63,63% pada siklus pertama, 75,00% pada siklus kedua, dan 86,37% pada siklus ketiga. siklus.

Keywords

model CIRC, membaca intensif

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.