Penggunaan Model Open Ended Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas V SD Negeri 2 Mekarsari Tahun Ajaran 2017/2018

Murcahyani Murcahyani, Suhartono Suhartono, Moh. Salimi

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam mata pelajaran Matematika melalui penggunaan model Open Ended Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model Group Open Ended Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam mata pelajaran Matematika kelas V.

Keywords

Open Ended Learning, Problem Solving, Matematik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.