Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together dengan Media Flashcard dalam Peningkatan Pembelajaran IPS tentang Jenis Pekerjaan pada Siswa Kelas III SD Negeri 1 Bumirejo Tahun Ajaran 2017/2018

Lilis Muryani, Imam Suyanto, Ratna Hidayah

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan pembelajaran IPS tentang jenis pekerjaan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif melalui tiga siklus dengan subjek penelitian siswa kelas III. Sumber data penelitian ini adalah guru dan siswa. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Numbered Heads Together dengan media Flashcard mampu meningkatkan pembelajaran yaitu pada siklus I ketuntasannya 78%, siklus II ketuntasannya 85%, siklus III ketuntasannya 86%. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together dengan media Flashcard dapat meningkatkan pembelajaran IPS tentang jenis pekerjaan.

Keywords

Numbered Heads Together, media Flashcard, pembelajaran IPS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.