Penerapan Model Visualization Auditory Kinesthetic (Vak) Dengan Media Flip Chart untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Peserta Didik Kelas III SDN 2 Kebulusan Tahun Ajaran 2017/2018

Isnaeni Subekti, Suhartono Suhartono, Imam Suyanto

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan menulis karangan peserta didik. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model VAK dengan media flip chart dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan. Persentase ketuntasan siswa pada siklus I sebanyak 75.86%, siklus II 86.21% dan siklus III 100%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model VAK dengan media flip chart dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan peserta didik kelas III SDN 2 Kebulusan tahun ajaran 2017/2018

Keywords

VAK, flip chart, keterampilan menulis karangan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.