Peningkatan Motivasi Siswa dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Model Inquiry Terbimbing pada Kelas V SDN Kaliwungu Tahun Ajaran 2017 / 2018

Cahyo Warso Utomo, Kartika Chrysti Suryandari, Muhamad Chamdani

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran Inquiry terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan 23 siswa kelas V SDN Kaliwungu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Inquiry terbimbing dapat meningkatkan motivasi siswa pada pembelajaran IPA. Dibuktikan dengan meningkatnya presentase motivasi siswa sebesar 75,6% pada siklus I, meningkat menjadi 86,32% pada siklus II, dan 90,35% pada siklus III. Peningkatan motivasi tersebut menyebabkan siswa lebih semangat dalam belajar dan lebih antusias. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Inquiry terbimbing dapat meningkatkan motivasi siswa pada pembelajaran IPA di kelas V SDN Kaliwungu tahun ajaran 2017/2018.

 

Keywords

Motivasi, IPA, Inquiry Terbimbing

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.