Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Tentang Gaya Di Kelas V SD Negeri 3 Kalirejo Tahun Ajaran 2017/2018

Devi Retnaningsih, Joharman Joharman, Suhartono Suhartono

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar IPA tentang gaya; (2) meningkatkan aktivitas belajar siswa; (3) meningkatkan hasil belajar IPA tentang gaya; dan (4) mendeskripsikan kendala dan solusi dalam penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar IPA tentang gaya di kelas V. Penelitian tindakan kelas ini merupakan penelitian kolaboratif dilakukan selama tiga siklus. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 3 Kalirejo tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dilakukan dengan langkah orientasi, merumuskan masalah, mengajukan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, dan merumuskan kesimpulan; (2) penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V SD Negeri 3 Kalirejo yang dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil observasi aktivitas belajar pada setiap siklusnya. Pada siklus I sebesar 67,35%, pada siklus II sebesar 83%, dan pada siklus III sebesar 87,08%; (3) penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar tentang gaya siswa kelas V SD Negeri 3 Kalirejo yang diketahui dari ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 77,08%, pada siklus II sebesar 88%, dan pada siklus III sebesar 96%; (4) Kendala yang dihadapi saat pembelajaran meliputi: (a) jumlah siswa yang cukup banyak menyebabkan guru sulit memberikan pengawasan dan bimbingan yang intensif terhadap siswa; (b) siswa tertentu yang terlibat aktif kegiatan pembelajaran; (c) pembelajaran memerlukan waktu yang lama; (d) beberapa siswa kurang memiliki kesadaran dalam menyelesaikan tugas kelompok. Solusi dari kendala tersebut yaitu: (a) guru meningkatkan intensitas bimbingan dan pengawasan kepada siswa dalam pembelajaran; (b) guru memberikan motivasi serta kesempatan terbuka kepada semua siswa agar siswa aktif dalam mengikuti pembelajaran; (c) guru lebih cermat dalam menggunakan waktu pembelajaran; (d) guru membagi tugas kepada siswa dalam kelompok agar seluruh siswa berperan aktif dalam menyelesaikan tugas kelompok

Keywords

inkuiri terbimbing, aktivitas belajar, hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.