Implementasi Media Virtual Tour Museum Sangiran dalam Pembelajaran Sejarah Terhadap Minat Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 11 Semarang

Nurul Nabila Putri, Soeharso Soeharso

Abstract

Penelitian ini membahas pemanfaatan museum virtual sebagai media pembelajaran sejarah berbasis teknologi digital sebagai inovasi untuk menjawab tantangan pembelajaran yang dianggap membosankan, dengan menyajikan materi secara lebih menarik, visual, dan interaktif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pemanfaatan museum virtual sangiran sebagai media pembelajaran sejarah terhadap peningkatan minat belajar peserta didik di SMA Negeri 11 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus di kelas X IPS 2 SMA Negeri 11 Semarang yang diampu oleh pak Abu Hasan Ali, S.Pd.Gr. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Museum Virtual Sangiran sebagai media pembelajaran memiliki pengaruh positif terhadap peserta didik. Media ini mampu meningkatkan minat belajar dan mendorong keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Dengan penyajian yang visual dan interaktif, peserta didik menjadi lebih antusias dan mudah memahami konsep-konsep sejarah yang disampaikan.

Keywords

Media Pembelajaran, Museum Virtual, Pembelajaran Sejarah, Minat Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.