Penerapan Metode Pembelajaran Peer Tutoring dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi

Ni Made Firayanti Pratiwi, Ni Made Anintia Trisna Sari, Novedi Risanti Langgi

Abstract

Capaian akademik mahasiswa dalam mata kuliah Matematika Ekonomi masih tergolong rendah, yang salah satu penyebab utamanya adalah penggunaan metode pembelajaran konvensional yang kurang melibatkan mahasiswa secara aktif. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi efektivitas metode peer tutoring dalam meningkatkan hasil belajar dan partisipasi mahasiswa. Penelitian dilakukan menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus, dengan subjek penelitian sebanyak 19 mahasiswa semester I. Data diperoleh melalui observasi tingkat keaktifan dan tes hasil belajar berupa pre-test dan post-test. Temuan menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai dari 32,63 pada pre-test menjadi 94,2 pada post-test, dan persentase ketuntasan belajar meningkat dari 26,32% menjadi 100%. Keaktifan mahasiswa juga mengalami kenaikan sebesar 20,79%, dari 73,95% menjadi 94,74%. Peningkatan ini didorong oleh komunikasi efektif dari tutor sebaya dan pembentukan kelompok belajar heterogen yang memfasilitasi interaksi kolaboratif. Hasil ini mengindikasikan bahwa metode peer tutoring efektif sebagai strategi pembelajaran aktif untuk mendukung peningkatan prestasi akademik dan kemampuan sosial mahasiswa, khususnya pada mata kuliah yang menuntut kemampuan analitis dan konseptual.

Keywords

Metode Peer tutoring, Hasil Belajar, Keaktifan Mahasiswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.