Studi Literature: Pemanfaatan Virtual Reality Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA

Arintia Prasasti Setyo Ningrum, Sri Wahyuni

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana penggunaan virtual reality sebagai alat pengajaran dapat membantu siswa memahami ide-ide yang terkait dengan ilmu pengetahuan alam (IPA). Alat pembelajaran interaktif ini diharapkan akan mengatasi kesulitan dalam menyampaikan pengetahuan abstrak kepada siswa. Virtual Reality memberikan pengalaman pendidikan yang lebih komprehensif dan menarik, yang memungkinkan siswa untuk berpartisipasi lebih aktif. Melalui pendekatan Tinjauan Literatur Sistematis (SLR), 20 publikasi yang diterbitkan antara tahun 2020 dan 2025 dianalisis, dan 10 artikel dipilih untuk pemeriksaan lebih lanjut berdasarkan standar yang telah ditetapkan sebelumnya. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Virtual Reality meningkatkan Pemahaman konseptual, dan keterlibatan belajar siswa. Dengan menciptakan lingkungan belajar yang mendalam, Virtual Reality membantu siswa memahami ide-ide abstrak dengan lebih baik. Kesimpulan ini menunjukkan seberapa baik Virtual Reality dapat dimasukkan ke dalam pembelajaran sains dan menyarankan agar lembaga pendidikan mengadopsi strategi ini.

Keywords

Virtual Reality, Media Pembelajaran, IPA.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.