Analisis Peningkatan Scientific Creativity Siswa Melalui Model Pembelajaran Inovatif: Kajian Pustaka Sistematis

Amanda Putri Elysia, Sri Wahyuni, Rayendra Wahyu Bachtiar, Firdha Yusmar, Fuziyatul Iffah

Abstract

Di era revolusi industri 4.0, pengembangan scientific creativity pada siswa menjadi aspek krusial dalam pendidikan sains. Penelitian ini melakukan kajian sistematis terhadap 10 artikel penelitian terpublikasi antara tahun 2015-2023 untuk menganalisis efektivitas berbagai model pembelajaran inovatif dalam meningkatkan kreativitas ilmiah siswa. Metode penelitian menggunakan pendekatan systematic review dengan tahapan identifikasi, evaluasi, interpretasi, dan sintesis terhadap artikel-artikel terkait dari database Scopus, Google Scholar, dan Science Direct. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa pendekatan pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) menunjukkan dampak signifikan dalam meningkatkan kemampuan berpikir divergen siswa. Sementara itu, model pembelajaran berbasis inkuiri (inquiry-based learning) efektif dalam mengembangkan kemampuan merumuskan hipotesis dan merancang eksperimen kreatif. Integrasi teknologi digital seperti simulasi virtual dan augmented reality juga terbukti mampu menstimulasi imajinasi ilmiah siswa. Faktor kunci pendukung meliputi: (1) desain pembelajaran yang berorientasi pada masalah autentik, (2) lingkungan belajar yang mendorong eksplorasi bebas, dan (3) sistem penilaian yang mengakomodasi orisinalitas ide. Implikasi penelitian ini menyoroti perlunya pengembangan kerangka kerja pedagogis yang mengintegrasikan dimensi kreativitas dalam kurikulum sains, serta pentingnya pelatihan guru dalam menerapkan strategi pembelajaran inovatif.

Keywords

Model Pembelajaran Inovatif, Scientific Creativity, Kajian Pustaka

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.