Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis EDP Dalam Mata Pelajaran IPA Siswa SMP: Kajian Literatur

Vinna Ariyani, Rayendra Wahyu Bachtiar, Firdha Yusmar, Fauziyatul Iffah, Sri Wahyuni

Abstract

Pembelajaran IPA menumbuhkan rasa ingin tahu dan membentuk sikap positif terhadap sains. Pembelajaran IPA di abad 21 menuntut peserta didik memiliki keterampilan berpikir kritis dan kreatif, sehingga diperlukan media pembelajaran inovatif berbasis Engineering Design Process (EDP). Penelitian bertujuan mengkaji pemanfaatan media pembelajaran berbasis EDP pada mata pelajaran IPA di SMP melalui studi literatur. Pencarian literatur melalui Google Scholar dan Garuda Jurnal dengan rentang publikasi tahun 2015 sampai 2025 yang mencakup artikel bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Metode penelitian menggunakan analisis terhadap artikel-artikel yang relevan terhadap hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran seperti LKPD, LKS, Modul yang berbasis EDP berpengaruh signifikkan bagi siswa dan mempunyai persepsi positif bagi guru. EDP terdiri dari beberapa kemampuan yaitu asking, imagining, planning, creating, dan improving. Disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis EDP layak digunakan dalam pembelajaran IPA karena dinyatakan efektif mendukung pengembangan kompetensi abad 21.

Keywords

Media Pembelajaran, EDP, IPA

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.