Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Kelas III SDN Wiroborang 1 Kota Probolinggo
Abstract
Pendidikan berperan penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Kurikulum Merdeka hadir sebagai inovasi pendidikan yang memberikan fleksibilitas, mendorong kreativitas, dan kemandirian peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Kurikulum Merdeka di kelas III SDN Wiroborang 1 Kota Probolinggo, serta mengidentifikasi tantangan dan efektivitas metode pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis proyek dan pendekatan kooperatif dapat meningkatkan partisipasi siswa. Namun, ditemukan kendala berupa keterbatasan sarana, kesiapan guru, dan variasi kemandirian siswa. Evaluasi dilakukan secara formatif dan sumatif secara fleksibel. Diperlukan pelatihan guru, peningkatan infrastruktur, dan kerja sama antar pihak agar Kurikulum Merdeka dapat diterapkan secara optimal.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.