Pengaruh Model Project-Based Learning Berbantuan Media Digital Canva Terhadap Literasi Sains Pada Pembelajaran IPAS
Abstract
Rendahnya tingkat literasi sains peserta didik di Indonesia yang disebabkan oleh kurangnya penggunaan model dan media pembelajaran yang mendukung keaktifan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan yang signifikan dari model PjBL berbantuan Canva dengan model kooperatif tipe GI terhadap literasi sains pada pembelajaran IPAS berdasarkan komponen literasi sains menurut OECD, untuk menguji peningkatan dari model PjBL berbantuan Canva terhadap literasi sains menurut OECD, serta untuk mendeskripsikan profil literasi sains pada pembelajaran dengan model PjBL berbantuan media digital Canva dengan model kooperatif tipe Grup Investigasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif kuasi eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan tes. Sumber data berasal dari guru dan peserta didik kelas VA dan VB yang masing-masing berjumlah 37 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan penggunaan model PjBL dengan model GI dengan thitung(2,64) ≥ ttabel(1,99); (2) terdapat peningkatan kemampuan literasi sains, dimana thitung(2,16) > ttabel(1,67) dan uji N-Gain dengan rata-rata 0,56 > 0,39; (3) profil literasi sains keduanya memiliki kategori baik, dengan rerata 79% dan 67%.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.