Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar
Abstract
Materi keberagaman merupakan salah satu materi penting yang diajarkan pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Pembelajaran keberagaman bertujuan untuk menumbuhkan sikap saling menghargai, toleransi, dan kebersamaan di tengah perbedaan yang ada. Namun dalam pelaksanaannya di kelas, keterlibatan siswa terhadap materi keberagaman masih tergolong rendah terlihat dari hasil belajar siswa. Oleh karena itu Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Pancasila pada materi keberagaman melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini dilihat dari perbedaan hasil belajar setiap siklus, Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan dari siklus I ke siklus II. Model PBL mendorong siswa untuk berpikir kritis, aktif berdiskusi, dan mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, model PBL efektif digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keberagaman.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.