Pengaruh Model RADEC Berbantuan Metode Student Question Have Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa SD
Abstract
Latar belakan dari penelitian ini yaitu minimnya kemampuan membaca pemahaman siswa yakni di sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model RADEC berbantun metode student question have terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif jenis preeksperimen dengan desain one group pretest postest. Sample yang disambil yaitu kelas IV SD dengan Teknik sample purposive. Instrument yang digunakan yaitu berupa tes pilihan ganda untuk mengukur kemampuan membaca pemahaman. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest yakni 68,9 yang termasuk pada kategori cukup, sedangkan nilai rata-rata postest diperoleh 90,75 yang termasuk pada kategori sangat baik. Selain itu diperoleh hasil uji t menunjukkan taraf nilai sig (2 tailed) yakni 0,00, lebih kecil dari 0,05. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan terdapat pengaruh model RADEC berbantuan student question have terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa sekolah dasar. Dengan demikian model RADEC berbantuan question student have dapat menjadi salah satu pilihan untuk mengembangkan kemampuan membaca pemahaman siswa dengan menstimulus siswa melalui pertanyaan pemantik yang siswa gali sendiri untuk menemukan ide pokok, gagasan utama dan intisari dari bacaan.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.