Hubungan Kemandirian Belajar dan Minat Baca Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas III Sekolah Dasar

Dilla Arisya Putri, Sri Sukasih

Abstract

Kemandirian belajar dan minat baca menentukan optimalnya hasil belajar. Kajian ini bertujuan mengetahui hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar bahasa Indonesia, hubungan minat baca dengan hasil belajar bahasa Indonesia, serta keterkaitan antara kemandirian belajar dan minat baca terhadap hasil belajar bahasa Indonesia. Metode penelitian ini adalah kuantitatif jenis korelasi dengan populasi seluruh peserta didik kelas III SDN Tambakaji 03 yang berjumlah 56 peserta didik menggunakan sensus/sampling total. Dengan mengumpulkan angket kemandirian belajar dan minat baca tipe skala likert serta dokumentasi nilai sumatif hasil belajar bahasa Indonesia pada semester ganjil. Data diproses menggunakan analisis uji korelasi sederhana, dan ganda. Hasil penelitian mengungkap adanya hubungan positif yang signifikan antara kemandirian belajar dan hasil belajar bahasa Indonesia (r=0,503), minat baca dan hasil belajar bahasa Indonesia (r=0,459), serta kemandirian belajar dan minat baca terhadap hasil belajar bahasa Indonesia (r=0,515). Dengan demikian semakin tinggi kemandirian belajar dan minat baca peserta didik maka semakin tinggi pula hasil belajar yang di dapatkan.

Keywords

Kemandirian Belajar, Minat Baca, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.