IDENTIFIKASI PERMASALAHAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI INDONESIA MENDORONG ANGKA EKSPOR

Rayyan Fida Asqav, Dwi Prasetyani

Abstract

Indonesia hingga saat ini belum berhasil menggapai puncak angka ekspor negara Asia Tenggara. Berbagai penelitian telah dilakukan untuk mengubah kondisi tersebut namun data menunjukan tidak ada peningkatan angka ekspor yang signifikan, sementara negara berkembang yang memiliki kedudukan serupa di Asia Tenggara seperti Vietnam telah berhasil melipat gandakan angka ekspor mereka dari tahun yang sama. Studi ini berupaya untuk menganalisis mengapa hal tersebut terjadi dan bagaimana Indonesia dengan menggunakan ketersediaan UMKM bisa mengubah hal ini. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif pendekatan fenomenologi dengan tehknik in-depth interview. Hasil penelitian menunjukan bahwa angka ekspor Indonesia bisa dorong dengan memperbanyak UMKM yang berkontribusi dalam perdagangan ekspor, sedangkan problematika yang dihadapi adalah mentalitas UMKM yang telah merasa cukup dengan pasar domestik, Hubungan geopolitik serta perjanjian dagang Indonesia dengan negara lain yang masi tertinggal, serta UMKM Indonesia yang masi menjual komoditas bahan baku mereka ke negara lain tanpa nilai tambah yang diberikan.

Kata Kunci: Makroekonomi, Perdagangan ekspor, UMKM

JEL Klasifikasi: I30, P23, J16

Full Text:

PDF

References

Amardianto Arham, A. F. (2020). STRATEGI PENINGKATAN EKSPOR UMKM INDONESIA SELAMA .

Amir, A. T., & Bakti, I. G. M. S. (2020). The Impact of Japan-Indonesia Economic Partnership Agreement on Indonesia's Export: A Gravity Model Approach. The Journal of Asian Finance, Economics, and Business, 7(2), 347-354

Amrie Firmansyah, A. A. (2021). Strategi Peningkatan Ekspor UMKM Indonesia Selama Pandemi Covid19. Media Mahardhika.

Amzul, R. (2018). The Effect of Export Restriction Policy on Indonesia's Cocoa Bean Value Chain: A Policy Analysis Matrix Approach. Jurnal Manajemen Agribisnis.

Anas, A., & Sari, D. R. (2018). The Role of Government in Supporting the Development of SMEs in Indonesia. Journal of Business and Retail Management Research, 12(4), 106-111.

Au, Tang D. "Hoạt Động Đổi Mới Mở Của Các Doanh Nghiệp Vừa Và Nhỏ Ở Việt Nam." The University of Danang - Journal of Science and Technology, 2016, pp. 50-53.

Bravo-Ortega, C., Benavente, J. M., & Navarro, L. (2017). Exporting and Performance: Evidence from Chilean Small and Medium-Sized Enterprises. Small Business Economics, 48(3), 709-725.

Budiono, H. &. (2019). The Comparison of Export Performance among ASEAN Countries: The Role of Economic Freedom. Journal of Economic and Social Thought, 285-293.

Cresswell, J. W. (2018). Qualitative Inquiry & Research Design. Lincoln: University of Nebraska. Creswell, J. W. (2007). Qualitative Inquiry & Research Design. Nebraska.

Daffa, R. M., & Nurdyansah, M. D. R. (2020). The Effects of Export Regulations on Indonesian SMEs: Evidence from a Firm-Level Survey. Asia-Pacific Journal of Business Administration, 12(2), 145- 160.

Dewi, A. R. (2021). Kedai Lelang UMKM sebagai Etalase Produk Lokal Menuju Pasar Nasional. Direktorat Jenderal Kekayaan Negara. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13922/Kedai-Lelang-UMKM-sebagai-Etalase-Produk-Lokal-Menuju-Pasar-Nasional.html

Erlina, E., & Nursalam. (2019). Entrepreneurial Orientation and Performance of SMEs in Indonesia.

Findlay, C., & Basri, M. C. (2015). Indonesia's Natural Resources: Prospects and Challenges for the Future. Bulletin of Indonesian Economic Studies, 51(2), 167-190.

Hanim, L. (2018). UMKM dan Bentuk-Bentuk Usaha. UNISSULA PRESS. http://research.unissula.ac.id/file/publikasi/210303041/6318UMKM_dan_Bentuk_-_Bentuk_Usaha.pdf

Hasanah, N., Muhtar, S., & Muliasari, I. (2020). Mudah Memahami Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Imran, M., Aziz, A., & Abdul Hamid, S. N. (2017). Determinants of SME export performance. International Journal of Data and Network Science, 39–58. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2017.1.007

International Journal of Innovation, Creativity and Change, 6(1), 415-429.

Irawan, A. (2020). Challenges and Opportunities for Small and Medium Enterprises in Eastern Indonesia in Facing the COVID-19 Pandemic and the New Normal Era. Science Direct.

Ismadiyanti Purwaning Astuti, F. J. (2018). PENGARUH EKSPOR DAN IMPOR TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA. Jurnal Ekonomi & Studi Pembangunan.

Jasmi, K. A. (2012). Metodologi Pengumpulan Data dalam Penyelidikan Kualitatitif in Kursus Penyelidikan Kualitatif Siri 1 2012 at Puteri Resort Melaka on 28-29 Mac 2012. Organized by Institut Pendidikan Guru Malaysia Kampus Temenggong Ibrahim, Jalan Datin Halimah, 80350 Johor Bahru, Negeri Johor Darul Ta'zim.

Kaimowitz, D. (2014). Indonesia's Forests and Land Use: Driving Forces, Tradeoffs, and Policy Implications. World Bank Policy Research Working Paper No. 6913.

Katsikeas, C.S., Samiee, S., Theodosiou, M., & Morgan, R.E. (2016). Creating and managing export distributors: An empirical investigation. Journal of the Academy of Marketing Science, 44(6), 741- 758.

Koop, A. (2022). Top Heavy: Countries by Share of the Global Economy. Visual Capitalist.

Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia, Bank Indonesia. (2015). PROFIL BISNIS USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH. Jakarta: Bank Indonesia.

Lie Liana dan Kis Indriyaningrum Dinamika Ekonomi 31. (n.d.).

Mardiana, R. S. (2019). Analisis Perbandingan Kinerja Ekonomi Indonesia dengan Negara ASEAN. Jurnal Ekonomi & Keuangan, 185-200.

Mariana Rachmawati, 2. L. (2020). MENCIPTAKAN UMKM UNGGUL DAN TERSTANDARRISASI DALAM MEMASUKI PASAR GLOBAL. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana Mengabdi Untuk Negeri.

Mariana Rachmawati, 2. L. (2020). MENCIPTAKAN UMKM UNGGUL DAN TERSTANDARRISASI DALAM MEMASUKI PASAR GLOBAL. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana Mengabdi Untuk Negeri.

Marlinah, L. (2020). Peluang dan Tantangan UMKM Dalam Upaya Memperkuat Perekonomian Nasional. Magelang: Program Pascasarjana, Universitas Borobudur .

Maryanto, M. A. (2022). UPAYA PEMERINTAH DALAM MEMBANTU PELAKU USAHA UMKM YANG TERDAMPAK COVID-19. https://jurnal.saburai.id/index.php/jaeap.

Megahnanda Alidyan Kresnawati, A. K. (2019). Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Peningkatan Ekspor UMKM: Studi Kasus UMKM dI Ex-Dolly. Kelurahan Putat Jaya, Surabaya. Global & Policy.

Menteri Koperasi dan UKM, & Indonesia, R. (2020). Berita Negara. Peraturan Menteri Koperasi Dan UKM Republik Indonesia, 879, 2004–2006.

Mohan, A. V., & Singh, C. R. (2015). The Role of Indonesia's Palm Oil Industry in the Global Vegetable Oil Market. Journal of International Food and Agribusiness Marketing, 27(4), 301-316.

Napitupulu, P., & Hermawan, D. D. P. (2020). Indonesia's Mineral Resources and Policies. Journal of Critical Reviews, 7(8), 3029-3036.

Nurhayati, R. (2020). Strategies to improve competitiveness of Indonesian export products in the global market. Journal of Islamic Economics Lariba, 1-12.

Nurhidayati, S., & Nurhadi, F. (2019). Hambatan Ekspor UMKM Indonesia. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(11), 81-84.

O'Rourke, K. H. and J. G. Williamson (2005). "Export and Economic Growth: Evidence from 19th Century Europe." The Economic History Review, Vol. 58, No. 2. Blackwell Publishing.

Rahman, M. M. (2019). Export performance of selected ASEAN countries: an empirical study. Journal of Economic Structures, 1-18.

Rasbin. (2019). STRATEGI MENINGKATKAN EKSPOR PRODUK-PRODUK USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH INDONESIA: STUDI KASUS DI KABUPATEN SLEMAN DAN KOTA SURABAYA. Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Publik.

Rifin, A., & Hastiadi, F. F. (2019). Globalization and the Role of Government in the Indonesian Economy: Challenges and Opportunities for SMEs. Journal of International Development Cooperation, 15(2), 85-104. https://doi.org/10.34203/jidc.v15i2.217

Setyari, W. (n.d.). TREND PRODUKTIFITAS INDUSTRI PRODUK ESKPOR INDONESIA.

Sopa, A., Satyalaksana, P., Muflikhah, M., & Hanifah, N. (2017). Entrepreneurial Spirit in Indonesia: A Study of the Perceptions of the Private Sector. Journal of Entrepreneurship Education, 20(3), 1-8.

Sudaryanto, S., Rahman, M. R., & Maulida, N. (2018). Entrepreneurial Orientation, Innovativeness and Business Performance in Indonesia. International Journal of Economics, Commerce and Management, VI(7), 202-212.

Suharyanto, S., & Djahelmi. (2014). Export Intensity and Technical Efficiency of Small and Medium Enterprises in Indonesia. Journal of Economics and Sustainable Development, 5(9), 1-11.

Suherman, H. &. (2018). Analisis Perbandingan Nilai Ekspor Indonesia dengan Negara ASEAN (2005- 2016). Jurnal Ekonometrika, 31-44.

Tan, D. H. G., & Parry, I. W. H. (2017). The Growth and Evolution of Indonesia's Coal Industry. Bulletin of Indonesian Economic Studies, 53(1), 53-72.

Utami, A. T., & Nurjanah, S. (2020). Peran Lisensi Ekspor-Impor pada Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia: Studi Empiris. Journal of Management and Business Administration, 2(1), 27-37.

Wahyuni, D., & Indiastuti, R. (2021). The Impact of Entrepreneurial Attitudes and Perceptions on Small Business Performance in Indonesia. Journal of Entrepreneurship Education, 24(2), 1-13.

Web Resmi Universitas Gadjah Mada. (2021, November 11). Kontribusi Ekspor UMKM Masih Rendah. Djogja: Universitas Gadjah Mada.

Westwood, J. (2001). Exporting: An Introduction. International Trade Centre Technical Paper, No. 13. Geneva: International Trade Centre.

Widodo, W., & Hastuti, E. T. (2018). Contribution of SMEs in Indonesia's Export Performance. Journal of International Studies, 12(1), 99-110.

Widyastuti, R. (2020). The Impact of Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (IEU-CEPA) on Indonesia's Export Performance. Journal of Economics and International Business Management, 8(1), 1-12.

Widyawati, D., & Suharto. (2019). The Role of the Government in Promoting SMEs' Internationalization: The Case of Indonesia. Journal of Economics, Business, and Accountancy Ventura, 22(3), 411-422.

World Trade Organization. (2021). World trade primed for strong but uneven recovery after COVID-19 pandemic shock. wto.org.

Yao X, Z. Y. (2021). The impact of preferential trade agreements on bilateral trade: A structural gravity model analysis. PLoS ONE.

Yuliaty, T., Sarah Shafira, C., & Rafi Akbar, M. (n.d.). Strategi UMKM Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Global Studi Kasus Pada PT. Muniru Burni Telong. In Journal Management (Vol. 19, Issue 3).

Zuhairi, S., & Abdulrazak, L. (2017). Export Barriers and Performance of Indonesian Small and Medium Enterprises. Journal of International Business Research and Marketing, 2(3), 6-12.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.