PRAKTIK SOSIAL: MENUMBUHKAN MINAT BACA MASYARAKAT MELALUI TAMAN BACAAN MASYARAKAT (TBM) DI KELURAHAN KUTOWINANGUN LOR

Sekar Rachelita Hutagaol, Antik Tri Susanti, Alvianto Wahyudi Utomo

Abstract

The problem of low interest in reading is one of the fundamental problems that occur in Indonesia. The government is trying to overcome these problems through community reading premises or TBM. In Kutowinangun Lor Village there are six TBMs. TBM is sourced from government programs and community wishes. This study aims to describe the role of TBM in Kutowinangun Lor Village in fostering the interest of the reading community in Kutowinangun Lor Village. The results of the data in this study will be analyzed using the Social Practice Theory put forward by Pierre Bourdieu. This study uses a descriptive qualitative method, namely the collection of primary data and secondary data. Data collection techniques were carried out by observation, interview, and documentation methods. The data analysis technique used is data reduction, data presentation and conclusion. The results of this study indicate that: (1) According to Bourdieu's perspective, growing interest in reading is influenced by habitus, capital and strategy. (2) According to Bourdieu's perspective, TBM in Kutowinangun Village belongs to three characteristics, namely, having habitus and capital, not having habitus but having capital, and not having habitus and capital. (3) Bottom-up TBM has a role in fostering reading interest, while top-down TBM has not played an optimal role in fostering reading interest. (4) TBMs that have implemented a strategy to foster interest in reading are TBM Garuda, TBM Melati and TBM Semar.

 

Keywords: Reading Interest, Social Practice, Community Reading Park (TBM)

 

Abstrak

Permasalahan rendahnya minat baca merupakan salah satu masalah mendasar yang terjadi di Indonesia. Pemerintah berupaya mengatasi permasalahan tersebut melalui taman bacaan masyarakat atau TBM. Di Kelurahan Kutowinangun Lor terdapat enam TBM. TBM tersebut bersumber dari program pemerintah dan keinginan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peran TBM yang ada di Kelurahan Kutowinangun Lor dalam menumbuhkan minat baca masyarakat Kelurahan Kutowinangun Lor. Hasil data dalam penelitian ini akan dianalisis menggunakan Teori Praktik Sosial yang dikemukakan oleh Pierre Bourdieu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu pengumpulan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Menurut perspektif Bourdieu dalam menumbuhkan minat membaca dipengaruhi habitus, modal dan strategi. (2) Menurut perspektif Bourdieu TBM di Kelurahan Kutowinangun tergolong atas tiga karakteristik yakni, memiliki habitus dan modal, belummemiliki habitus tetapi memiliki modal, dan tidak memiliki habitus dan modal. (3) TBM bottom up memiliki peran dalam menumbuhkan minat baca, sementara TBM top down tidak berperan optimal dalam menumbuhkan minat baca. (4) TBM yang telah melakukan strategi menumbuhkan minat baca adalah TBM Garuda, TBM Melati dan TBM Semar.

 

Kata Kunci: Minat Baca, Praktik Sosial, Taman Bacaan Masyarakat (TBM)

Full Text:

PDF

References

Afrianti, R. (2018). Peran Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Karang Putih Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Dan Minat Baca Masyarakat. JURNAL Gramatika, 4(2). https://doi.org/10.22202/jg.2018.v4i2.2758

Anugrah, W. D., Arina Faila Saufa, & Irnadianis, H. (2022). Peran Pojok Baca Dalam Menumbuhkan Minat Baca Masyarakat Dusun Ngrancah. Jurnal Pustaka Budaya, 9(2), 93–98. https://doi.org/10.31849/pb.v9i2.8859

Aulia, M. (2018). Optimalisasi Taman Bacaan Masyarakat Dalam Menumbuhkan Minat Baca Di Kalangan Remaja. Comm-Edu (Community Education Journal), 1(3), 146. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v1i3.734

Barkah, S. M. (2022). taman bacaan masyarakat sebagai lembaga pendidikan non formal untuk meningkatkan minat baca di desa langensari. 118–123.

Dwiyantoro. (2019). Peran Taman Bacaan Masyarakat Mata Aksara dalam menumbuhkan minat baca pada masyarakat. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 7(1), 19–32. https://doi.org/10.24198/jkip.v7i1.14430

Edward, A. Y., & Mudzakkir, M. (2016). Praktik Sosial Mahasiswa Berkunjung Ke Perpustakaan Umum dan Arsip Kabupaten Pamekasan. Paradigma, 04(03), 1–9.

Fajri, D. R. (2022). Pengembangan Taman Bacaan Masyarakat Di Kelurahan Cipete Kecamatan Curug Kota Serang. ABDIKARYA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 85–94. https://doi.org/10.47080/abdikarya.v4i1.1505

Grenfell, M. (2010). Pierre Bourdieu: Key concepts. In Pierre Bourdieu: Key Concepts. https://doi.org/10.1017/UPO9781844654031

Gumilang, J. S., Wijaya, M., & Haryono, B. (2018). Praktik Sosial Pedagang di Pasar Sunggingan Boyolali (Studi Fenomenologi di Pasar Sunggingan). Jurnal Analisa Sosiologi, 213–223.

Hermanto, B. (2020). Kompetensi Pustakawan Dalam Mengelola Layanan Di Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jurnal Pustaka Ilmiah, 5(2), 881. https://doi.org/10.20961/jpi.v5i2.36211

Hidayanto, J., Rahardjo, T. J., & Daman. (2012). Upaya Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Melalui Taman Bacaan Masyarakat Area Publik Di Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1(2), 33–39. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jnfc/article/view/2814

Holik, A. (2013). Peran Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Sudut Baca Soreang Dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Di Kabupaten Bandung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, 50. https://doi.org/10.21831/jppm.v2i2.6355

Kasiyun, S. (2015). Upaya Meningkatkan Minat Baca Sebagai Sarana Untuk Mencerdaskan. Jurnal Pena Indonesia, 1(1), 79–95.

Kemdikbud, D. B. (2020). Daftar TBM. Donasibuku.Kemdikbud.Go.Id. https://donasibuku.kemdikbud.go.id/tbm

Krisdinanto, N. (2014). Pierre Bourdieu, Sang Juru Damai. Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 189–2006. https://core.ac.uk/download/pdf/196255896.pdf

Maulidiyah, A., & Roesminingsih, E. (2020). Layanan dan Fasilitas Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 8(4), 389–400.

Mertens, M. D. (2009). Research and Evaluation in Education and Psychology_ Integrating Diversity With Quantitative, Qualitative, and Mixed Methods-SAGE Publications.

Misriyani, M., & Mulyono, S. E. (2019). Pengelolaan Taman Baca Masyarakat. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 3(2), 160–172. https://doi.org/10.15294/pls.v2i1.23448

Nafisah, A. (2014). Arti Penting Perpustakaan Bagi Upaya Peningkatan Minat Baca Masyarakat. Jurnal Perpustakaan Libraria, 2(2), 70–81.

Nasrullah. (2022). Peran Taman Baca Masyarakat Pustaka Ballak Kana dalam Meningkatkan Minat Baca. LibTech: Library and Information Science Journal, 3(1), 22–32. http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/libtech/article/view/16229/9695

Ningtyas, E. (2015). Pierre Bourdieu, Language and Symbolic Power. Poetika, 3(2). https://doi.org/10.22146/poetika.v3i2.10437

Permatasari, A. (2015). Membangun Kualitas Bangsa dengan Budaya Literasi. Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB, 146–156.

Pratiwi, S., & Handoyo, P. (2013). Praktik Sosial Belajar Mahasiswa Dalam Geography Study Club. Jurnal Paradigma, 1(3), 1–8. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/3373/5873

Prayogo, A., & Syahputra, H. (2022). Peran Taman Bacaan Masyarakat Dalam Meningkatkan Budaya Literasi. Jurnal Imam Bonjol: Kajian Ilmu Informasi Dan Perpustakaan, 6(2), 107–119. https://journal.pustakauinib.ac.id/index.php/jib/article/view/235

Puspa, R., Najiulloh, R., Pangestu, R. A., & ... (2022). Penyediaan Taman Baca Sebagai Solusi Untuk Meningkatkan Minat Baca Di Desa Sindang Mandi. Indonesian Journal …, 2(2), 238–243. http://ijecsed.esc-id.org/index.php/home/article/view/63%0Ahttp://ijecsed.esc-id.org/index.php/home/article/download/63/66

Rahmawati, A. (2020). Praktik Sosial Praktik Sosial Masyarakat Desa Tondowulan Dalam Tradisi Mayangi Di Kecamatan Plandaan Kabupaten Jombang. Paradigma, 10. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/37408%0Ahttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/download/37408/33194

Ritzer, G. (2012). Teori Sosiologi Dari Klasik Sampai Perkembangan Terakhir Posmodern. Pustaka Pelajar.

Rizky Anisa, A., Aprila Ipungkarti, A., & Kayla Nur Saffanah. (2021). Pengaruh Kurangnya Literasi serta Kemampuan dalam Berpikir Kritis yang Masih Rendah dalam Pendidikan di Indonesia. Conference Series Journal, 01(01), 1–12.

Saepudin, E., Sukaesih, S., & Rusmana, A. (2017). Peran Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Bagi Anak-Anak Usia Dini. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 5(1), 1. https://doi.org/10.24198/jkip.v5i1.10821

Sandu Siyoto, & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian Dr. Sandu Siyoto, SKM, M.Kes M. Ali Sodik, M.A. 1. Dasar Metodologi Penelitian, 1–109.

Situmorang, J. C. (2019). Literasi dan Keluarga. Kompasiana.Com. https://www.kompasiana.com/jawanri/5cf529e70d82300660676ba3/literasi-dan-keluarga

Sudrajat, L. D. S. A. (2021). Praktik Sosial Rumah Aman Dalam Pemberdayaan Anak-Anak Berhadapan Berhadapan Hukum. Jurnal Paradigma, 10.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif dan R and D. In Bandung: Alfabeta (Vol. 3, Issue April).

Susanti Dini, S. (2019). Pemanfaatan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Dalam Meningkatkan Minat Baca Remaja. Journal Com-Edu, 2, 220–226.

Taulabi, I., Imron, A., & Khoiruddin, M. A. (2017). Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini Di Taman Baca Masyarakat. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan, 11(1), 137–158. https://doi.org/10.35316/lisanalhal.v11i1.165

Wibowo, E. A. (2018). Landasan Teoritis. Repository Uksw, 53(9), 8–33. https://repository.uksw.edu/handle/123456789/16560

Yusniah, Soraya, E., Rambe, I. M., & Harahap, N. (2023). Peran Taman Bacaan Masyarakat ( TBM ) untuk Menumbuhkan Minat Baca Masyarakat : Studi Kasus : Taman Baca Masyarakat Dawatuna : Journal of Communication and Islamic Broadcasting. 3, 438–445. https://doi.org/10.47476/dawatuna.v3i3.2494

Refbacks

  • There are currently no refbacks.