RELASI SOSIAL DAN KEPERCAYAAN DALAM INDUSTRI JAMU MADURA: STUDI KASUS PERAMU JAMU DAN POLA KONSUMSI MASYARAKAT

Samsul Muarif, Ekna Satriyati

Abstract

This study aims to examine more deeply Juduh as a from of trust and the relationship between herbalists and Madurese herbal users. Juduh is term of belief in Madurese society. This research is motivated by the fact that the use of herbal medicine in Madurese society is believed to have many benefits. The method in this research is descriptive qualitative with a case study approach. Meanwhile, the data collection techniques are interviews, observations, and documentation. The results of this study found that Juduh is a from of consumer relations and trust in this case it becomes social capital for herbalists so that they can survive in marketing their herbal products. People who are Juduh by drinking herbal medicine will give recommendations to their relatives or people closest to them. The coming of trust in this case is obtained from consumes who are grateful after drinking herbal medicine so that herbalists will gain trust and social relations that can expand the herbal medicine industry.

 

Keywords: Herbal Concoction, Juduh, Madura, Social Capital

 

Abstrak

Studi ini memiliki tujuan untuk menelaah lebih dalam terkait Juduh sebagai bentuk kepercayaan dan relasi antara peramu jamu dengan pengguna jamu Madura. Juduh merupakan istilah kepercayaan masyarakat Madura. Penelitian ini dilatarbelakangi atas fakta bahwasannya penggunaan jamu di masyarakat Madura yang dipercaya memiliki banyak manfaat. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Sementara itu, teknik pengambilan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa Juduh adalah bentuk dari relasi dan kepercayaan konsumen dalam hal ini menjadi modal sosial bagi peramu jamu sehingga bisa bertahan dalam memasarkan produk jamunya. Masyarakat yang Juduh dengan meminum jamu akan memberikan rekomendasi pada saudaranya atau orang terdekatnya. Datangnya kepercayaan dalam hal ini didapatkan dari konsumen yang Juduh setelah meminum jamu, sehingga peramu jamu akan mendapatkan kepercayaan dan relasi sosial yang mampu melebarkan industri jamu.

 

Kata Kunci: Juduh, Modal Sosial, Madura, Peramu Jamu

 

Full Text:

PDF

References

Andriati, and Teguh Wahjudi. 2016. “Tingkat Penerimaan Pengguna Jamu Sebagai Alternatif Penggunaan Obat Modern Pada Masyarakat Ekonomi Rendah-Menengah Dan Atas.” Jurnal Masyarakat, Kebudayaan Dan Politik 29(3):133–45.

Christiyani, Asri. 2019. “Pembangunan Sosial Oleh Paguyuban Jamu Gendong Lestari Melalui Sektor Ekonomi Kreatif.” Jurnal Masalah-Masalah Sosial 10(2):155–70.

Darwin, Steven, and Yohanes Sondang Kunto. 2014. “Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Dan Kepercayaan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Asuransi Jiwa Manulife Indonesia-Surabaya.” Jurnal Manajemen Pemasaran Petra 2(1):1–12.

Fatmawati, Ika, and Nur Qoudry Wijaya. 2021. “STRATEGI PENGEMBANGAN JAMU RAMUAN MADURA DI KABUPATEN SUMENEP.” Jurnal Cemara 18(1):50–63.

Fatmawati, Nur Ika, and Ahmad Sholikin. 2020. “PIERRE BOURDIEU DAN KONSEP DASAR KEKERASAN SIMBOLIK.” Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan 12(1):41–60.

Fukuyama, F. 2002. Trust: Kebijakan Sosial Dan Penciptaan Kemakmuran. Yogyakarta: Qalam.

Halim, Abdul, and Mahyuddin. 2019. “Modal Sosial Dan Integrasi Sosial: Asimilasi Dan Akulturasi Budaya Masyarakat Multikultural Di Polewali Mandar, Sulawesi Barat.” Jurnal Media Komunikasi Sosial Dan Keagamaan 12(2):111–22.

Harahap, Nurhanipah. 2023. “Peran Agama Dalam Komunikasi Sosial Masyarakat Umat Beragama (Studi Implikasi: Teori Sistem Niklas Luhman).” Jurnal Sosiologi Dan Filsafat 1(2):62–75.

Krisdinanto, Nanang. 2014. “PIERRE BOURDIEU, SANG JURU DAMAI.” Jurnal KANAL 2(2):107–206.

Marwati, and Amidi. 2018. “PENGARUH BUDAYA, PERSEPSI, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN OBAT HERBAL.” Jurnal Ilmu Manajemen 7(2):168–80.

Moleong, Lexy J. 2021. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mudjijono, Isni Herawati, Siti Munawaroh, and Sukari. 2014. Kearifan Lokal Orang Madura (Jamu Untuk Menjaga Kesehatan Ibu Dan Anak). Yogyakarta: Balai Pelestarian Nilai Budaya.

Mukhlisoh, Siti Nur, and Budi Hartono. 2022. “MENJAGA KEPERCAYAAN KONSUMEN MELALUI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA PRODUK JAMU TRADISIONAL.” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam (JEBI) 2(1):37–46.

Nurdin, Sahidillah, and Niko Putra. 2019. “Membangun Kepuasan Pelanggan Melalui Kepercayaan Pelanggan Dalam Menggunakan Kartu Pascabayar HALO.” Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah 2(1):108–14.

Nurlaila, Selvia. 2013. “JAMU MADURA : EKSISTENSI, EKSPEKTASI DAN REALITAS PENGEMBANGANNYA DALAM PERSPEKTIF PRODUSEN DAN KONSUMEN Selvia.” Jurnal Ilmu-Ilmu Peternakan 10(10):1–23.

Nyoman, Ida Bagus, and Aria Pramana. 2019. “Membangun Kepercayaan Konsumen Untuk Meningkatkan Intensi Pembelian.” Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan 7(2):112–23.

Puspitawardani, Cahya. 2014. “Pengaruh Kepercayaan Dan Komitmen Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Bank Danamon Di Sidoarjo.” STIE Perbanas.

Ramadhan, Darwin Riyan, Dzihni Nahdliyyati, Tasya Ananda Salsabillah, Anak Agung Sagung Dyah Pramesti, Fitriah Salsabila, Fitria Ramadanti, Metha Artanadya Eka Putri, Dainty Mutia Jayalalitha, Rahma Nugrahesi, Riko Setiawan, Dwi Nur’Aini Hidayati, Gogik Desy Putri Kurnia Dewi, Jasmine Rissa Ayudya, Eka Evita Syayidah, and Hanni Prihhastuti Puspitasari. 2022. “Pengetahuan Masyarakat Terhadap Penggunaan Jamu Untuk Meningkatkan Imunitas Penderita COVID-19 Yang Pernah Menjalani Isolasi Mandiri.” Jurnal Farmasi Komunitas 9(2):194–99.

Satriyati, Ekna. 2017. “Baras, Sake Da Manyamanagih (Sehat, Sakit Dan Kenyamanan) Kajian Etnomedisin Jamu Di Bangkalan Madura.” Universitas Gadjah Mada.

Satriyati, Ekna, and Alfan Biroli. 2021. “Kembali Ke Rempah: Upaya Rumah Tangga Petani Di Bangkalan Guna Peningkatan Kesehatan Dan Penanggulangan Kemiskinan Selama Pandemi Covid-19.” Pp. 168–91 in Prosiding Seminar Nasional Penanggulangan Kemiskinan.

Satriyati, Ekna, Alfan Biroli, and Siti Nur. Hana. 2019. “PILIHAN RASIONAL PEREMPUAN MADURA DALAM PEMERTAHANAN TRADISI MINUM JAMU DI KABUPATEN BANGKALAN DAN SUMENEP.” Jurnal Sosiologi Pendidikan Humanis 4(2):133–41.

Septiyana, Dwi Agni, Agus Hermani, and Hari Susanta Nugraha. 2015. “Pengaruh Keberadaan Outlet Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kepercayaan Merek Pada Konsumen Jamu Nyonya Meneer Di Kota Semarang.” Diponegoro Journal Of Social And Political Of Science 4(1):1–12.

Sholihah, Ilmiatus, and Sri Dwiyanti. 2020. “MINAT KONSUMEN WANITA TERHADAP TRADISI MINUM JAMU RAMUAN MADURA UNTUK PERAWATAN KECANTIKAN TUBUH SEBELUM HARI PERNIKAHAN.” E-Journal Unesa 9(1):17–26.

Soegoto, Agus Supandi. 2013. “Persepsi Nilai Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen.” Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi 1(3):1271–83.

Solehah, Rohematus, Aminah Happy Moninthofa Ariyani, and Resti Prastika Destiarni. 2022. “ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PRODUK JAMU PT. JAMU AIR MANCUR SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI KABUPATEN PAMEKASAN.” Agriscience 3(2):398–418.

Solehah, Rohematus, Resti Prastika Destiarni, and Dewi Muti’ah. 2022. “STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS UMKM JAMU TRADISIONAL MADURA MELALUI PENDEKATAN ANALISIS SWOT (Studi Kasus: UMKM Jamu Tradisional Madura Di Kabupaten Pamekasan).” Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis 8(1):480–89.

Solikatun, and Nuning Juniarsih. 2018. “Modal Sosial Sebagai Strategi Bertahan Hidup Masyarakat Desa Maria, Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat.” Jurnal Analisa Sosiologi 7(2):262–73.

Subagyo, Bondan, Sawal Sartono, and Keny Deva Lagasa. 2022. “STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA JAMU DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI JAMU TRADISIONAL MBAH GEDONG DI REJOTANGAN TULUNGAGUNG.” Business, Entrepreneurship, and Management Journal 1(1):1–13.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhardiyah, Martha, and Ali Hasan. Siswanto. 2020. “KOMUNIKASI NIKLAS LUHMANN DALAM MEMBANGUN KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA DI WILAYAH PERKOTAAN.” Indonesian Journal of Islamic Communication 3(1):22–39.

Syahbaniyah, Arni Zuha, and Ekna Satriyati. 2022. “Makna Simbolik Penanaman Kunyit Oleh Petani Perempuan Di Desa Kajuanak Kecamatan Galis Kabupaten Bangkalan.” Jurnal Analisa Sosiologi 11(4):607–23.

Tazid, Abu. 2020. Interelasi Disiplin Ilmu Sosiologi (Catatan Kunci Dan Ikhtisar Teoritik). Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.

Usman, Sunyoto. 2015. Esa-Esai Sosiologi Perubahan Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wulandari, Puteri Intan Rizqi Ayu, and Ekna Satriyati. 2022. “LENGKUAS SEBAGAI SIMPANAN NAFKAH RUMAH TANGGA PETANI REMPAH KECAMATAN MANDING SUMENEP SAAT PANDEMI COVID-19.” Jurnal Analisa Sosiologi 11(1):96–107.

Yin, Robert K. 2021. Studi Kasus: Desain Dan Metode. Depok: PT Rajagrafindp Persada.

Yusuf, Muhammad Rafli. 2023. “Konstruksi Masyarakat Mengenai ‘Jamu Corona’ Di Desa Sawotratap, Sidoarjo.” Jurnal Dinamika Sosial Budaya 25(2):263–71.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.