TREN KECANTIKAN DAN IDENTITAS SOSIAL: ANALISIS KONSUMSI KOSMETIK DAN OBJEKTIFIKASI DIRI DI KALANGAN PEREMPUAN KOTA PALOPO

Awaluddin Hasrin, Sangputri Sidik

Abstract

Beauty is a fundamental aspect of women's existence. They have aspirations to fulfill society's beauty norms. This research seeks to examine the complexity of the idea of beauty among Palopo City and emphasize its impact on women's consumer behavior. Data was collected using qualitative methodology by conducting in-depth interviews and observations of women from various age groups in Palopo City. Research findings show that women in the city of Palopo conceptualize beauty as a combination of physical aspects that can be measured and non-physical aspects, such as self-confidence and self-perception. Beauty is partly formed by advertisements in the mass media, which align with the goals of capital owners in the beauty business, giving rise to the concept of the beauty myth. Apart from that, this concept is also formed by self-objectification that arises from the social environment. The use of cosmetics has become a basic need for women and increases self-confidence. However, this consumptive behavior also has a negative impact, encouraging a wasteful lifestyle and forming a false consciousness because someone feels valued in society only when they have made an effort to look beautiful.

 

 

Keywords: Women, Beauty, Consumerism, Palopo City

 

Abstrak

Kecantikan merupakan aspek mendasar dari eksistensi perempuan. Mereka memiliki cita-cita untuk memenuhi norma kecantikan dalam masyarakat. Penelitian ini berupaya untuk mengkaji kompleksitas gagasan kecantikan di kalangan warga Kota Palopo dan menekankan dampaknya terhadap perilaku konsumtif perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metodologi kualitatif, yaitu dengan melakukan wawancara mendalam dan observasi terhadap perempuan dari berbagai kelompok umur di Kota Palopo. Temuan penelitian menunjukkan bahwa perempuan di kota Palopo mengonseptualisasikan kecantikan sebagai perpaduan pada aspek fisik yang dapat diukur dan aspek nonfisik, seperti kepercayaan diri dan persepsi diri. Konsep kecantikan sebagian dibentuk oleh iklan-iklan di media massa yang sejalan dengan tujuan pemilik modal dalam bisnis kecantikan sehingga memunculkan konsep mitos kecantikan. Selain itu, konsep ini juga dibentuk oleh objektifikasi diri yang muncul dari lingkungan sosialnya. Penggunaan kosmetik telah menjadi kebutuhan mendasar bagi perempuan, dan meningkatkan rasa percaya diri. Namun demikian, perilaku konsumtif ini juga menimbulkan dampak buruk, mendorong gaya hidup boros dan membentuk suatu kesadaran palsu bagi mereka karena seseorang merasa dihargai dalam suatu masyarakat hanya ketika mereka telah berupaya untuk tampil cantik

 

Kata Kunci: Perempuan, Kecantikan, Konsumerisme, Kota Palopo

Full Text:

PDF

References

Aditianingrum, Kurnia Alysia, and Ricardi Adnan. 2023. “POPULARITAS DAN KOMODIFIKASI KONTEN TELEVISI DI ERA DIGITAL.” Jurnal Analisa Sosiologi 12(2).

Adlin, Alfathri. 2006. Menggeledah Hasrat: Sebuah Pendekatan Multi Perspektif. Jalasutra.

Amalia, Izzah Nur, and Respati Retno Utami. 2021. “Relevensi Standar Kecantikan Dewi Sinta Dalam Serat Ramawijaya Dengan Kesetiaan Seorang Istri.” Kejawen: Jurnal Kebudayaan Jawa 1(1):37–50.

Aristowati, Winta Hari. 2017. “Kecantikan Wanita Korea Sebagai Konsep Kecantikan Ideal Dalam Iklan New Pond’s White Beauty: What Our Brand Ambassador Are Saying.” HUMANIKA 24(2):84–97.

Baudrillard, Jean. 1994. Simulacra and Simulation. University of Michigan press.

Baudrillard, Jean. 2016. The Consumer Society: Myths and Structures. Sage.

Best, Steven. 1989. “The Commodification of Reality and the Reality of Commodification: Jean Baudrillard and Post-Modernism.” Current Perspectives in Social Theory 19:23–51.

Burton, Graeme. 2012. Media Dan Budaya Popular. Jalasutra.

Counihan, Carole M. 2018. The Anthropology of Food and Body: Gender, Meaning, and Power. Routledge.

Crane, Diana. 2012. Fashion and Its Social Agendas: Class, Gender, and Identity in Clothing. University of Chicago Press.

Deleuze, Gilles. 2004. Anti-Oedipus. A&C Black.

Entwistle, Joanne. 2015. The Fashioned Body: Fashion, Dress and Social Theory. John Wiley & Sons.

Fatmawati, Dewi. 2020. “POLA KONSUMSI PEREMPUAN MIGRAN MADURA (STUDI FENOMENOLOGI DI KELURAHAN KEMAYORAN BARU DKA, KECAMATAN KREMBANGAN, KOTA SURABAYA).” Jurnal Analisa Sosiologi 9(Edisi Khusus: Sosiologi Perkotaan):21–56.

Featherstone, Mike. 2007. Consumer Culture and Postmodernism. Sage.

Hall, Stuart. 1997. “Representation: Cultural Representations and Signifying Practices.” edited by S. Hall. Sage.

Haryani, Indah, and Jhon Herwanto. 2015. “Hubungan Konformitas Dan Kontrol Diri Dengan Perilaku Konsumtif Terhadap Produk Kosmetik Pada Mahasiswi.” Jurnal Psikologi 11(1):5–11. doi: 10.24014/jp.v11i1.1555.

Hermawan, Ferry Fauzi. 2017. “Kosmopolitanisme, Negosiasi, Dan Resistensi: Identitas Perempuan Muslim Dalam Iklan Kosmetik Muslim Di Indonesia.” PALASTREN 10(2):185–203. doi: 10.21043/palastren.v10i2.2734.

Khair, Rahimal. 2020. “Citra Perempuan Mesir Dalam Cerpen ‘Cleopatra Wa Maq’ Dan Novel Mini ‘Pudarnya Pesona Cleopatra.’” LEKSEMA: Jurnal Bahasa Dan Sastra 5(1):95–110. doi: 10.22515/ljbs.v5i1.2091.

Khajenoori, Bijan, and Ebrahim Mosavat. 2019. “The Study of Relationship Between Life Style and Consumer Behavior (Case Study: Married Women of Shiraz).” Quarterly Journal of Women and Society 10(38):283–302.

Kristinova, Jessica Claudia. 2022. “TINDAKAN IMITASI GAYA HIDUPPEMENGARUH PADA GENERASI MILENIAL.” Jurnal Analisa Sosiologi 11(2):350–63.

Lee, Martyn J. 2003. Consumer Culture Reborn: The Cultural Politics of Consumption. Routledge.

Linisiar. 2021. “Wanita Pengusaha Palopo Ini Rambah Bisnis Kosmetik, Namanya Lavish Glow.” Linisiar.Id. Retrieved October 20, 2021 (https://linisiar.id/wanita-pengusaha-palopo-ini-rambah-bisnis-kosmetik-namanya-lavish-glow/).

Mann, Doug. 2019. “Jean Baudrillard: A Very Short Introduction.”

McCombs, Maxwell, and Sebastian Valenzuela. 2020. Setting the Agenda: Mass Media and Public Opinion. John Wiley & Sons.

Melliana, Annastasia. 2006. Menjelajah Tubuh Perempuan Dan Mitos Kecantikan. Yogyakarta: LKIS.

Miles, M. B., and M. B. Huberman. 2014. Analisis Data Kualitatif : Buku Sumber Tentang Metode - Metode Baru. Jakarta: UI-Press.

Murwonugroho, Wegig, and Yasraf Amir Pilliang. 2015. “Subjektivitas Dalam Iklan Ambient Media Miracle Aesthetic Clinic.” Panggung 25(2):164–76. doi: 10.26742/panggung.v25i2.6.

Piliang, Yasraf Amir. 2011. Dunia Yang Dilipat: Tamasya Melampaui Batas-Batas Kebudayaan. Matahari.

Raditya, Ardhie. 2014. Sosiologi Tubuh. Kaukaba.

Saguni, Suarni Syam, and Baharman. 2016. “Narasi Tentang Mitos Kecantikan Dan Tubuh Perempuan Dalam Sastra Indonesia Mutakhir: Studi Atas Karya-Karya Cerpenis Indonesia.” Jurnal Retorika 9(2):142–48. doi: 10.26858/retorika.v9i2.3804.

Saputra, I. Putu Wisnu, and Awaluddin Hasrin. 2022. “Dekonstruksi Ideologi Feminisme Pada Kehidupan Perempuan Pesisir Pantai Hyatt, Sanur-Bali.” JURNAL PARADIGMA: Journal of Sociology Research and Education 3(2):95–104.

Sari, Ayu Wika Permata, and Luh Made Karisma Sukmayanti Suarya. 2018. “Hubungan Antara Social Comparison Dan Harga Diri Terhadap Citra Tubuh Pada Remaja Perempuan.” Jurnal Psikologi Udayana 5(2):265–77.

Sari Intan Permata. 2019. “Rekonstruksi Dan Manipulasi Simbol Kecantikan.” Jurnal Hawa 1(1):1–18. doi: 10.29300/hawapsga.v1i1.2221.

Setyo Utomo, Bambang. 2017. “Media Sosial Dan Gaya Hidup Perempuan Di Indonesia.” PALASTREN 10(2):273–96. doi: 10.21043/palastren.v10i2.2652.

Sidik, Sangputri, Awaluddin Hasrin, Siti Fathimah, Hamsah Hamsah, and Sanita Carolina Sasea. 2023. “Perjuangan Perempuan Kota Tomohon Pada Kontestasi Politik Lokal.” PADARINGAN (Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi) 5(02):76–92.

Synnott, Anthony. 2002. The Body Social. Routledge.

Thelwall, Mike. 2021. “Lifestyle Information from YouTube Influencers: Some Consumption Patterns.” Journal of Documentation 77(6):1209–22.

Wahyuni, Sri, Erianjoni Erianjoni, and Mira Hasti Hasmira. 2018. “Makna Cantik Di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang Angkatan 2015.” Jurnal Perspektif 1(4):51–57. doi: 10.24036/perspektif.v1i4.46.

Whelehan, Imelda. 2000. “Overloaded: Popular Culture and the Future of Feminism.”

Wirasari, Ira. 2018. Politik Warna Kulit Perempuan Dalam Dunia Periklanan. Yogyakarta: PT. Kanisius.

Wolf, Naomi. 2013. The Beauty Myth: How Images of Beauty Are Used against Women. Random House.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.