NILAI KARAKTER DALAM UNGKAPAN HIKMAH BERSUMBERKAN WACANA BERITA

Lupita Sari Pitra Wardani, Ali Imron Al-Ma’ruf, Harun Joko Prayitno

Abstract

The purpose of this study is to describe the value of character education in wisdom expressions sourced from news discourse. This research utilizes descriptive qualitative approach. The data of research are in the form of phrase, words, and sentense in news discourse that contain wisdom expressions. The data source is news discourse that contain character value in expressions of wisdom. Data collection techniques utilized are observation and note taking. The object of this study is the expressions of wisdom sourced from news discourse. The data analysis method utilizes the referential identity method and the constituent analysis method. Data analysis uses content analysis method. The result of this study indicate that are various value of character education in expressions of wisdom in news discourse, namely the value of religiosity, professionalism, national defense, creativity, peace loving, fighting spirit, love of environment, love of the motherland, harmony, and honesty. The conclusion of this research is that news discourse contain multidisciplinary wisdom expressions, which can be used in character education for the nation's successors.

Keywords: Character Value, Wisdom, Discourse.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan nilai pendidikan karakter pada ungkapan hikmah bersumberkan wacana berita. Penilitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data berupa kata, frasa, serta kalimat yang ada pada wacana berita yang mengandung nilai karakter dalam ungkapan hikmah. Sumber data adalah wacana berita yang mengandung nilai karakter dalam ungkapan hikmah. Simak dan catat merupakan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini. Objek dalam penelitian ini adalah ungkapan hikmah yang bersumber dari wacana berita. Metode analisis data menggunakan padan referensial dan metode agih. Analisi data dengan menggunakan analisis isi. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat berbagai nilai pendidikan karakter dalam ungkapan hikmah dalam wacana berita yakni nilai religiusitas, profesionalisme, bela negara, kreativitas, cinta damai, semangat juang, cinta lingkungan, cinta tanah air, kerukunan, kejujuran. Simpulan dari penelitian ini adalah wacana berita banyak mengandung ungkapan hikamah multidisipliner yang dapat dijadikan sebagai pendidikan karakter bagi insan penerus bangsa.

Kata kunci: Nilai Karakter, Hikmah, Wacana.

Full Text:

PDF

References

Aman, I., Mat Awal, N., & Jaafar, M. F. 2014. Strategi wacana teks akademik sains dan teknologi. GEMA Online Journal of Language Studies, 14(1), 189–202.

Amin, A., Wiwinda, W., Alimni, A., & Yulyana, R. 2018. Pengembangan Materi Pendidikan Agama Islam Berbasis Model Pembelajaran Inquiry Training Untuk Karakter Kejujuran Siswa Sekolah Menengah Pertama. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 17(1), 151–160. https://doi.org/10.29300/attalim.v17i1.1418

Anugraheni, I. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendidikan Karakter Kreatif Di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2), 132–138. https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2351

Atika, S. 2014. Pelaksanaan Pendidikan Karakter (Religius, Cinta Tanah Air Dan Disiplin) Di SLB Al Ishlaah Padang. E-JUPEKhu, 3(3), 747–755.

Babuta, Y., Babuta, Y. Y. I., & Wahyurini, O. D. 2014. Perancangan Buku Pendidikan Karakter Toleransi dan Cinta Damai untuk Anak Usia 3-5 Tahun. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 3(1), 28–32. https://doi.org/10.12962/j23373520.v3i1.6060

Bastomi, H. 2016. Pengembangan Sosial Keagamaan Masyarakat Hasan Bastomi A . Pendahuluan disebut globalisasi , dampak yang begitu besar itu telah nampak sebagaimana firman Allah SWT : “ Dan kami tidak mengutus kamu , gembira dan sebagai pemberi peringatan , tetapi kebanyak. Jurnal Ilmu Dakwah, 36(2), 335–362.

Creswell, J. W. 2014. Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. United States of America.

Eriyanto. 2008. Analisis Wacana Pengantar Analisis Teks Media. LkiS.

Harlistyarintica, Y., Wahyuni, H., -, W., Yono, N., Sari, I. P., & Cholimah, N. 2017. Penanaman Pendidikan Karakter Cinta Lingkungan Melalui Jari Kreasi Sampah Bocah Cilik Di Kawasan Parangtritis. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 20–30. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i1.15658

Ilmi, D. 2015. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Melalui Ungkapan Bijak Minangkabau Darul Ilmi. Islam Realitas: Journal of Islamic & Social Studies, 1(1), 45–54.

Irma, C. N. 2018. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Ibuk Karya Iwan Setyawan. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 11(1), 14–22. https://doi.org/10.26858/retorika.v11i1.4888

Jack, M. 2003. Index to Journal of Transformative Education. Journal of Transformative Education, 1(1), 58–63. https://doi.org/10.1177/154134460400200408

Lado, C. R. 2014. Analisis Wacana Kritis Program Mata Najwa “Balada Perda” di Metro TV. E-Komunikasi, 2(2), 1–12.

Latief, M. N., Daerah, B., Pendengar, B., & Gamasi, R. 2018. Muh Nur Latief [ Bahasa Daerah Bagi Pendengar Radio Gamasi Makassar ]. Jurnalisa, 04(1), 61–75.

Nurhadi. 2019. Available at http://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jie. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 5(01), 42–65.

Praja, J. S. 2008. afsir Hikmah Seputar Ibadah, Muamalah, Jin Dan Manusia. Kencana.

Saddhono, K., & Putu Wijana, I. D. 2011. Wacana Khotbah Jumat di Surakarta: Suatu Kajian Linguistik Kultural. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(4), 433–446. https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i4.39

Sakdiyah, S. H., & Muawwanah, S. H. 2016. KECAMATAN KRAKSAAN KABUPATEN PROBOLINGGO ( Kajian Kearifan Lokal dan Pendidikan Karakter ). Jurnal Moral Kemasyarakatan, 1(2), 122–135.

Santoso, J., Sabardila, A., Wahyudi, A. B., Setiawaty, R., & Kusmanto, H. 2018. Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Media Ungkapan Hikmah. Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Multiprespektif, 65–75.

Setiawan, D. 2014. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Karakter melalui Penerapan. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 6(2), 61–72. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jupiis/article/viewFile/2285/1967

Setiawan, Y. B. 2011. Analisis Wacana Kritis Pemberitaan Kekerasan Berbasis Gender di Surat Kabar Harian Suara Merdeka. Jurnal Ilmiah Komunikasi: Makna, 2(1), 13–20.

Setiawati, S. 2015. Aspek Kohesi Konjungsi Dalam Wacana Opini Pada Majalah Tempo Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 1(1), 45–56. https://doi.org/10.22202/jg.2015.v1i1.1162

Setiawaty, R., Wahyudi, A. B., Santoso, J., Sabardila, A., & Kusmanto, H. 2018. Stiker Ungkapan Hikmah Sebagai Media Pemartabatan Karakter Anak Didik di Lingkungan Sekolah Muhammadiyah. L-Islam Dan Kemuhammadiyahan Multiprespektif, 177–188.

Sobur, A. 2015. Analisis Teks Media. Remaja Rosdakarya.

Sudrajat, A. 2011. Mengapa Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 47–58. https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316

Suryana, D. 2013. Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Peraturan Menteri No. 58 Tahun 2009. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, XIII(2), 53–61.

Tahir, M. 2012. Ḥikmah Dalam Persfektif Alquran. HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 9(1), 85–104. https://doi.org/10.24239/jsi.v9i1.42.85-104

Traynor, M. 2006. Discourse analysis: Theoretical and historical overview and review of papers in the Journal of Advanced Nursing 1996-2004. Journal of Advanced Nursing, 54(1), 62–72. https://doi.org/10.1111/j.1365-2648.2006.03791.x

Widodo, S. 2011. Implementasi Bela Negara Untuk Mewujudkan Nasionalisme. Jurnal Ilmiah Civis, I(1), 18–31.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.