POLA KONSUMSI PEREMPUAN MIGRAN MADURA (STUDI FENOMENOLOGI DI KELURAHAN KEMAYORAN BARU DKA, KECAMATAN KREMBANGAN, KOTA SURABAYA)
Abstract
This research aims to explain how is the Madurese migrant women’s consumption pattern in the slums along the railroad tracks, Kemayoran Baru DKA Village, Krembangan District, Surabaya. Coming from the middle low-class family who have to survive for life in the migration area, in the research place, there are many Madurese migrant woman consumptive action. By using the concept of thought of Jeans P. Baudrillard about the people’s consumption, this research shows some results of consumption’s pattern of Madurese migrant women which include the consumption of family daily need, life style, and financial management strategy. The writer uses qualitative research method with phenomenology approach and getting the data by using participative observation and deep interview method in order to be able to get the data and distinguish it as the real phenomena that happen. The result of the study shows, the consumption patterns of Madurese migrant women have two considerations namely rational (economic) and irrational (consumptive). In fulfilling the household needs of Madurese migrant women, they are more inclined towards rational (economic) considerations, while in fulfilling lifestyle activities activities have been trapped in the play of signs that feel that a product is a reflection of their self-image (irrational-consumptive). They also do not forget to do such kind of investment like gold, house, or event field.
Keywords: Consumption pattern, Madurese migrant women, Consumptive action.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana pola konsumsi perempuan migran Madura di Pemukiman Kumuh Bantaran Rel Kereta Api, Kelurahan Kemayoran Baru DKA, Kecamatan Krembangan, Kota Surabaya. Berasal dari keluarga ekonomi menengah kebawah, yang harus bertahan hidup di daerah migrasi, dan di lokasi penelitian banyak ditemui perempuan migran Madura yang melakukan perilaku konsumtif. Dengan memanfaatkan konsep pemikiran Jeans P. Baudrillard tentang masyarakat konsumsi, penelitian ini akan memaparkan sejumlah temuan mengenai pola konsumsi perempuan migran Madura yang mencakup konsumsi rumah tangga, gaya hidup, strategi dalam mengatur keuangan dan investasi. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi serta dalam penggalian data menggunakan metode participative observation dan wawancara mendalam agar mendapatkan dan menafsirkan data sesuai dengan fenomena yang terjadi. Hasil penelitian menunjukkan, pola konsumsi perempuan migran Madura memiliki dua pertimbangan yakni rasional (ekonomis) dan irasional (konsumtif). Pada pemenuhan kebutuhan rumah tangga perempuan migran Madura lebih condong pada pertimbangan rasional (ekonomis), sedangkan pada pemenuhan gaya hidup aktivitas telah terperangkap pada permainan nilai tanda yang merasa bahwa suatu produk sebagai cerminan dari citra dirinya (irasional-konsumtif). Perempuan migran Madura juga tidak lupa untuk melakukan investasi dalam bentuk emas, rumah, serta tanah.
Kata kunci : Pola konsumsi, Perempuan migran Madura, Perilaku konsumtif.
Full Text:
PDFReferences
Andina, Elga. 2017. Sistem Zonasi dan Dampak Psikososial Bagi Peserta Didik. Majalah Info Singkat Kesejahteraan Sosial Vol. IX, No. 14/II/Puslit/Juli/2017, 9-10. www.academia.edu Diakses pada Senin, 1 Januari 2020 pukul 11:30.
Anonim. Pengertian Pola. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Online
https://kbbi.web.id/pola Diakses pada Senin, 30 September 2019 pukul 11:57
Ardaneshwari, Jane. 2013. Potret Dilema Perempuan Bekerja dalam Media Perempuan Indonesia. Jurnal Perempuan Vol. 18 (No. 1). www.jurnal perempuan.org Diakses pada Senin, 09 November 2019 pukul 11:33.
Armawi, Armaidy. 2007. Dari Konsumerisme ke Konsumtivisme (Dalam Prespektif Sejarah Filsafat barat). Jurnal Filsafat Vol. 17 No. 3, 314-323.https://journal.ugm.ac.id/wisdom/article/download/23090/15253 Diakses pada Jum’at, 06 Desember 2019 pukul 19:06
Bambang, W., & Akhmad, H. 2016. Perkawinan di Tapal Kuda. Jember: Tapal Kuda Jember, 9.
Demartoto, A. 2009. Membedah Gagasan Post Modernisme Baudrillard : Realitas Semu. Jurnal Sosiologi DILEMA, 13.
Fakih, Mansour. 2012. Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
Hannan, A. 2017. Perempuan Madura Gender dan Pembangunan. dalam (ed) Iskandar Dzulkarnain. Bunga Rampai: Perempuan, Kuliner, dan Jamu Madura. Yogyakarta: Elmatera,4.
Hidayat, M. 2017. Menggugat Moderenisme: Menggali Rentang Pemikiran Postmoderenisme Jean P Baudrillard. Yogyakarta : Jalasutra.
Lubis, H. 2017. Pola Asuh Perempuan Madura dalam membentuk Karakter Tangguh. dalam (ed) Iskandar Dzulkarnain. Bunga Rampai: Perempuan, Kuliner, dan Jamu Madura. Yogyakarta: Elmatera, 26.
Moleong, L. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 3-4.
Mosse , J. 2007. Gender dan Pembangunan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset, 58.
Mufidah, N. 2012. Pola Konsumsi Masyarakat Perkotaan: Studi Deskriptif Pemanfaatan Foodcourt oleh Keluarga. Surabaya: BioKultur, Vol.I No.2, 157-178 https://s3.amazonaws.com/academia.edu.documents/48746823/05_jurnal_nur_lailatulPola_pemanfaatan_Foodcourt_oleh_Keluarga.pdf.
Nindito, S. 2005. Fenomenologi Alfred Schutz: Studi tentanf Konstruksi Makna dan Realitas dalam Ilmu Sosial. Ilmu Komunikasi, 79-94 https://media.neliti.com/media/publications/99552-ID-fenomenologi-alfred-schutz-studi-tentang.pdf Diakses pada Sabtu, 02 November 2019 pukul 11:38.
Novitasani , L., & Handoyo, P. 2014. Perubahan Gaya Hidup Konsumtif Pada Mahasiswa Urban di UNESA. Paradigma. Volume 02 Nomer 03, 4.
Rani, Oktavia Mustika. 2018. Budaya Konsumerisme Petani Perkotaan. Bangkalan. Universitas Trunojoyo Madura, 6-9.
Ritzer, G. 2011. Masyarakat Konsumsi. Yogyakarta: Kreasi Wacana, 4, 31-36, dan 119.
Ritzer, G. 2014. Mcdonalisasi Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Rizal, M. 2006. Keputusan Migrasi Sirkuler Pekerja Sektor Formal di Kota Medan. JSB Vol. 11 No. 3, DESEMBER 2006, 249 – 258.
Sarup, Madan. 2011. Postrukturalisme & Postmodernisme. Medhy Aginta Hidayat (terj.). Yogyakarta: Jalasutra, 254-274.
Scott, L. 2016. Sosiologi Postmodernisme. A. Gunawan Admiranto (terj.). Yogyakarta: Kanisius,40
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif R&D. Bandung: Alfabeta, 84.
Suhartatik. 2017. Madura: Perempuan dan carok Antara Kehormatan dan Sakarsme Entitas Budaya. dalam (ed) Iskandar Dzulkarnain. Bunga Rampai: Perempuan, Kuliner dan Jamu Madura, Yogyakarta: Elmatera, 56.
Sukesi, K., Wisaptiningsih, U., & Nurhadi, I. 2008. Indigenous Knowledge Tentang Spirit Dan Energi Sosial Potensial Perempuan Madura Dalam Konteks Perubahan Sosial Di Indonesia. Jurnal-Jurnal Ilmu Sosial Volume 20(No. 2). https://media.neliti.com/media/publications/242793-spirit-dan-energi-sosial-perempuan-madur-b647ca0e.pdf Diakses pada Senin, 02 September 2019 pukul 11:40
Syah, Hidayat. 2013. Urbanisasi dan Modernisasi (Studi Tentang Perubahan Sistem Nilai Budaya Masyarakat Urban di Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan). Toleransi, Vol. 5 No. 1. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/toleransi/article/view/66 Diakses pada Minggu, 29 September 2019, pukul 19:00.
Vadlun, F. 2010. Mirgrasi Wanita dan Ketahanan Ekonomi Keluarga. Media Litbang Sulteng III No. (1) , 78-80.
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/MLS/article/view/75 Diakses pada Senin, 02 September 2019 pukul 11:44.
Refbacks
- There are currently no refbacks.