PILIHAN RASIONAL UMKM KERAJINAN SANDAL TOPENG MALANGAN DALAM MENGHADAPI MEA

Risdawati Ahmad, Okta Pujiana, Sajidah Muhabbatillah, Nani Fhadillah, Yogi Dwi Maulana Ibrahim, Singgi Prasetya Devi, Imamul Huda Al Siddiq

Abstract

This study aims to explain the rational choice of Micro, Small, and Medium Enterprise (MSME) Kerajinan Sandal Topeng Malangan in determining strategies to face the ASEAN Economic Community (AEC). These MSME produce sandals and shoes combined with Malangan mask decorations and Yogyakarta’s batik. Because of its uniqueness, this product has been successfully marketed domestically to overseas. This study uses a qualitative methods with a descriptive approach. Informant consisted of MSME owners and three workers. The technique of collecting data is done through observation, interviews, and documentation. The results of the study show that there are several strategies chosen by MSME owners as determinants in running a bussines. The strategy was chosen because it was considered rational, because it has more value than other strategies. Strategies that are used as rational choices include, among others, 1) incorporating culture elements, namely the Malangan mask and Yogyakarta ‘batik tulis’ on its products, the purpose of which is to be unique and to introduce regional local wisdom at national and international levels. 2) Promoting its products through exhibition activities, for marketing purposes. 3) Creating a comfortable atmosphere for works, because the work atmosphere determines the results of the work obtained. 4) Choosing to use reseller services to market the product rather than market is themselves , the goal of it is to focus more an production activities or product quality improvement, and consider the number of workers and the size of small business houses. 5) Completeness of thecnology so that work is more effective and efficient.

 

Keywords: ASEAN Economic Community, MSME (Micro, Small, Medium Enterprise), Rational Choice, Strategy


Abstrak

Penelitian ini untuk menganalisis pilihan rasional Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Kerajinan Sandal Topeng Malangan dalam menentukan strategi menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). UMKM ini memproduksi sandal dan sepatu dengan hiasan topeng Malangan dan batik tulis Yogyakarta. Produk ini telah berhasil dipasarkan di dalam negeri hingga keluar negeri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan terdiri dari pemilik UMKM serta tiga orang pekerjanya. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan, terdapat beberapa strategi yang dipilih oleh pemilik UMKM selaku penentu dalam menjalankan usaha. Strategi tersebut dipilih karena dianggap rasional, sebab memiliki nilai lebih dibandingkan strategi yang lain. Strategi yang dijadikan sebagai pilihan rasional antara lain, 1) memasukkan unsur budaya yakni topeng Malangan dan batik tulis Yogyakarta pada produknya, tujuannya agar memiliki keunikan serta untuk memperkenalkan kearifan lokal daerah di tingkat nasional maupun internasional. 2) Mempromosikan produknya melalui kegiatan pameran, untuk tujuan pemasaran. 3) Menciptakan suasana yang nyaman bagi pekerja, karena suasana kerja menentukan hasil pekerjaan yang diperoleh. 4) Memilih menggunakan jasa reseller untuk memasarkan produk dibandingkan memasarkannya sendiri, tujuannya agar lebih fokus pada kegiatan produksi atau peningkatan kualitas produk, serta mempertimbangkan jumlah pekerja dan ukuran rumah usaha yang kecil. 5) Kelengkapan teknologi agar pekerjaan lebih efektif dan efisien.

 

Kata Kunci: UMKM (Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah), Masyarakat Ekonomi ASEAN, Pilihan Rasional, Strategi.

Full Text:

PDF

References

Ariani, A & Utomo, M. Nur. 2017. Kajian Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Tarakan. Jurnal Organisasi dan Manajemen. 13 (2) : 99-118.

Chandra, A. Ardhi. 2016. UMKM Serap 57,9 Juta Tenaga Kerja. Detik Finance. Jakarta. 21 November. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-3350243/umkm-serap-579-juta-tenaga-kerja, diakses pada 1 Januari 2018.

Creswell. 2015. Riset Pendidikan: Perencanaa, Pelaksanaan, dan Evaluasi, Riset Kualititatif, dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Firdaus, Fahmi., Rif’ih, M. Walidur., & Maharani, Bunga. 2018. Internet Financial Reporting: Ditektor Eskalasi Pembiayaan Modal Umkm Berbasis Stakeholder Value Sebagai Implementasi Financial Technology. Jurnal Unmu Jember. 1 (1) : 104-125.

Henley, William. 2017. Peluang UMKM dan Perbaikan Ketimpangan. Kontan.co.id. 20 Februari. https://m.kontan.co.id/news_analisis/pelu ang-umkm-dan-perbaikan-ketimpangan?page=2, diakses pada 1 Januari 2019.

Ina, Paulina Tamo. 2017. Penyusunan Anggaran Kas (Budgeting) Pada Toko Umkm Roti Fadillah Dikota Malang. Laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL). Malang : Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tribhuwana Tunggadewi.

Moleong, L. J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Nasution. 2006. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta : Bumi Aksara.

Putra, A. H. 2016. Peran UMKM dalam Pembangunan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Blora. Jurnal Analisa Sosiologi. 5 (2) : 40-52.

Rahman, Fadhlir & Mawardi M. Kholid. 2017. Strategi UMKM Dalam Membangun Brand Toko Online di Marketplace (Studi pada Komunitas Tokopedia di Kota Bekasi). Jurnal Administrasi Bisnis UB. 53 (1).

Ritzer, G. 2014. Teori Sosiologi : Dari Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Terakhir Postmodern. Terjemahan Terjemahan Saut Pasaribu, Rh. Widada, & Eka Adi Nugraha. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Sahid, Rahmat. 2010. Analisis Data Penelitian Kualitatif Model Miles dan Huberman. https://www.scribd.com/document/211341201/Analisis-Data-Penelitian-Kualitatif-Model-Miles-Dan-Huberman, diakses 3 Januari 2019.

Setyanto, A. Rakhman., Samudro, B. Rizky., & Pratama, Y. Pasca. 2015. Kajian Pola Pengembangan UMKM di Kampung Batik Laweyan Melalui Modal Sosial dalam Menghadapi Perdagangan Bebas Kawasan ASEAN. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Pembangunan (JIEP). 15 (2) : 71-90.

Solikatun, dkk. 2014. Kemiskinan Dalam Pembangunan. Jurnal Analisa Sosiologi. 3 (1) : 70-90.

Susilo, Y. Sri. 2010. Strategi Meningkatkan Daya Saing Umkm Dalam Menghadapi Implementasi Cafta Dan MEA. UPN Veteran Yogyakarta. 8 (2) : 70-78.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.