POLA INTERAKSI DAN PERILAKU PERTUKARAN KELOMPOK NELAYAN TPI UDANG JAYA DESA KEBURUHAN KECAMATAN NGOMBOL PURWOREJO

Fuad Kusuma Hidayat, Poerwanti Hadi Pratiwi

Abstract

In fulfilling the needs of human life people exchange each other, even almost in all human behavior. This study examines the patterns of interaction and behavior in groups of fishermen. Behavior which is a social phenomenon born of the expectation of something back in return when performing an action.This research located in Keburuhan village, Ngombol district, Purworejo regency. The researcher used qualitative method with descriptive qualitative approach. In conjuction with the aims of the research, the reasearcher applied random purposive sampling technique to choose the informan based on the determined criteria: work distribution criteria. The data collecting techniques used in this research were semi-structured in-depth interview and observation. The validity and the reliability of the data were gained by means of triangulation. The data analysis process used interactive analysis developed by Miles and Huberman.The result of the reserach shown that in the daily life of Udang Jaya fisherman group there was primary interactional relationship among the group members. The relationship pattern which occured was based on working relation which aimed at economical exchange as well as social relation which aimed at social exchange.
Keywords: Interaction, Fisherman, Exchange Behavior

 

Abstrak
Dalam memenuhi kebutuhan hidupnya manusia saling mempertukarkan sesuatu, bahkan hampir semua perilaku manusia didorong oleh perilaku pertukaran. Penelitian ini memngkaji tentang pola interaksi dan perilaku pertukaran dalam konteks kelompok nelayan. Perilaku pertukaran merupakan fenomena sosial yang lahir dari adanya pengharapan kembali sesuatu sebagai imbalan ketika orang melakukan suatu tindakan. Penelitian ini mengambil lokasi di Desa Keburuhan, Kecamatan Ngombol, Kabupaten Purworejo. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sesuai dengan tujuan penelitian ini, peneliti menggunakan teknik random purposive sampling untuk memilih informan berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan yaitu kriteria pembagian kerja. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui in-depth interview secara semi terstruktur dan juga melalui observasi. Validitas dan reliabilitas data pada penelitian ini diperkuat dengan triangulasi data. Proses analisis data menggunakan konsep analisis Miles dan Huberman.Hasil Hasil Hasil Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penelitian ini menunjukan bahwa penelitian ini menunjukan bahwa penelitian ini menunjukan bahwa penelitian ini menunjukan bahwa penelitian ini menunjukan bahwa penelitian ini menunjukan bahwa penelitian ini menunjukan bahwa penelitian ini menunjukan bahwa penelitian ini menunjukan bahwa penelitian ini menunjukan bahwa penelitian ini menunjukan bahwa penelitian ini menunjukan bahwa penelitian ini menunjukan bahwa penelitian ini menunjukan bahwa penelitian ini menunjukan bahwa penelitian ini menunjukan bahwa penelitian ini menunjukan bahwa penelitian ini menunjukan bahwa penelitian ini menunjukan bahwa penelitian ini menunjukan bahwa penelitian ini menunjukan bahwa penelitian ini menunjukan bahwa penelitian ini menunjukan bahwa penelitian ini menunjukan bahwa dalam keseharian kehidupan kelompok nelayan Udang Jaya terjalin hubungan interaksional antar anggota serta anggota dengan kelompok yang sifatnya primer.Pola-pola hubungan yang timbul dalam keseharian kehidupan kelompok nelayan Udang Jaya berupa hubungan pekerjaan yang didasarkan pada relasi kerja yang mengarah pada pertukaran ekonomi, serta hubungan sosial yang didasarkan pada relasi sosial yang mengarah pada pertukaran sosial.
Kata Kunci: Interaksi, Kelompok Nelayan, Perilaku Pertukaran

Full Text:

PDF

References

Ferrante, Joan. 2013. A Global Perspective. Eighth Edition, International Edition. USA: Wadsworth Cengage Learning

Herdiansyah, Haris. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika

Huraerah, Abu & Purwanto. 2006. Dinamika Kelompok: konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama

Idrus. 2007. Metode Penelitian Ilmu-ilmu Sosial Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakrta: UII Press

Kusnadi. 2002. Konflik Sosial Nelayan : kemiskinan dan perebutan sumber daya perikanan. Yogyakarta : LKiS

Mahendra, S. (2018). Keterkaitan Modal Sosial Dengan Strategi Kelangsungan Usaha Pedagang Sektor Informal Di Kawasan Waduk Mulur: Studi Kasus pada Pedagang Sektor Informal di Kawasan Waduk Mulur Kelurahan Mulur Kecamatan Bendosari Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Analisa Sosiologi,4(2).

Mulyadi S. 2007. Ekonomi kelautan. Jakarta: PT Grafindo Persada

Narwoko & Suyanto. 2010. Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta: Kencana

Poloma, Margaret M. 2010. Sosiologi Kontemporer. Jakarta: Rajawali Pers

Ritzer, George & Douglas J. Goodman. 2011. Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Kencana

Riyanto & Martinus. 2008. Kelompok Kerja Yang Efektif. Yogyakarta: Kanisius

Salim, Agus. 2008. Pengantar Sosiologi Mikro.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sugiono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabet

Sumintarsih, dkk. 2005. Kearifan Lokal Di Lingkungan Masyarakat Nelayan Madura. Yogyakarta: Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata

Suyami, dkk. 2005. Kearifan Lokal Di Lingkungan Masyarakat Nelayan Jepara Jawa Tengah. Yogyakarta: Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata

Zeitlin, Irving M. 1995. Memahami Kembali Sosiologi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Refbacks

  • There are currently no refbacks.