DIGITALISASI PASAR TRADISIONAL: PERSPEKTIF TEORI PERUBAHAN SOSIAL

Nur Indah Ariyani, Okta Nurcahyono

Abstract

Perubahan sosial pada pasar tradisional merupakan salah satu bentuk realitas
social. Banyak kajian yang membahas mengenai perubahan sosial pada pasar
tradisional. Teori yang digunakan dalam menganalisis perubahan sosial dalam
masyarakat adalah teori perubahan social dari William F. Ogburn. Teori
tersebut menyatakan adanya pengaruh kebudayaan material (material)
terhadap kebudayan immaterial. Pemasangan CCTV dan billboard digital
dalam pasar tradisional merupakan salah satu bentuk adanya perubahan unsur
material yang mempengaruhi perilaku social penjual dan pembeli di dalam
pasar. Dan perubahan semacam ini merupakan daya tarik tersendiri dari pasar
tradisional. Sehingga pasar tradisional dapat bersaing dengan pasar modern.
Kata Kunci : Pasar Tradisional, Teknologi, Teori Perubahan Sosial

Full Text:

PDF

References

Abercrombie, Nicholas., Stephen Hill, and Bryan S. Turner. 2010. Kamus

Sosiologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Agus Sjafari dan Kandung Sapto Nugroho (Editor). 2011 . Perubahan Sosial

(Sebuah Bunga Rampai). Banten : FISIP UNITIRTA

Geertz, C. 1973. The Interpretation of Cultures. New York: Basic Book.

Henslin, James. M. 2006. Sosiologi dengan Pendekatan Mebumi, Edisi 6.

Jakarta: Erlangga

Lauer, Robert. H. 1993. Perspektif tentang Perubahan Sosial. Jakarta: PT.

Rhineka Cipta

Soerjanto Poespowardojo. 1989. Strategi Kebudayaan Suatu Pengantar

Filosofis. Jakarta : Gramedia

Refbacks

  • There are currently no refbacks.