DIGITALISASI PASAR TRADISIONAL: PERSPEKTIF TEORI PERUBAHAN SOSIAL
Abstract
Perubahan sosial pada pasar tradisional merupakan salah satu bentuk realitas
social. Banyak kajian yang membahas mengenai perubahan sosial pada pasar
tradisional. Teori yang digunakan dalam menganalisis perubahan sosial dalam
masyarakat adalah teori perubahan social dari William F. Ogburn. Teori
tersebut menyatakan adanya pengaruh kebudayaan material (material)
terhadap kebudayan immaterial. Pemasangan CCTV dan billboard digital
dalam pasar tradisional merupakan salah satu bentuk adanya perubahan unsur
material yang mempengaruhi perilaku social penjual dan pembeli di dalam
pasar. Dan perubahan semacam ini merupakan daya tarik tersendiri dari pasar
tradisional. Sehingga pasar tradisional dapat bersaing dengan pasar modern.
Kata Kunci : Pasar Tradisional, Teknologi, Teori Perubahan Sosial
Full Text:
PDFReferences
Abercrombie, Nicholas., Stephen Hill, and Bryan S. Turner. 2010. Kamus
Sosiologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Agus Sjafari dan Kandung Sapto Nugroho (Editor). 2011 . Perubahan Sosial
(Sebuah Bunga Rampai). Banten : FISIP UNITIRTA
Geertz, C. 1973. The Interpretation of Cultures. New York: Basic Book.
Henslin, James. M. 2006. Sosiologi dengan Pendekatan Mebumi, Edisi 6.
Jakarta: Erlangga
Lauer, Robert. H. 1993. Perspektif tentang Perubahan Sosial. Jakarta: PT.
Rhineka Cipta
Soerjanto Poespowardojo. 1989. Strategi Kebudayaan Suatu Pengantar
Filosofis. Jakarta : Gramedia
Refbacks
- There are currently no refbacks.