CLUSTERING BUSINESS PROCESS MODEL PETRI NET DENGAN COMPLETE LINKAGE

Fakhrunnisak Nur Aini, Sarngadi Palgunadi, Rini Anggrainingsih

Abstract

Petri  net  merupakan  salah  satu  notasi  yang  banyak

digunakan sebagai business process model. Pemodelan business process dapat digunakan untuk membantu mempermudah pengembangan software dengan melakukan clustering pada model yang telah dibuat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana hasil clustering business process yang dimodelkan dengan petri net menggunakan complete linkage. Penelitian ini bertujuan untuk memodelkan business process dengan petri net, clustering berdasarkan strukturnya, dan validasi hasil cluster sehingga dapat dimanfaatkan oleh penelitian selanjutnya untuk melakukan implementasi modul yang dibutuhkan.

Dalam penelitian ini,  62  prosedur  fakultas  sub  bagian keuangan dan kepegawaian Universitas Sebelas Maret digunakan sebagai business process yang dimodelkan dengan petri net. Setiap model divalidasi berdasarkan kriteria structural analysis, soundness, liveness, dan boundedness. Clustering dilakukan terhadap model yang valid dengan complete  linkage  menggunakan  nilai  structural  similarity antar model. Pemotongan diterapkan pada dua titik untuk memperoleh jumlah cluster yang bervariasi. Hasil clustering dari setiap titik pemotongan divalidasi dengan silhouette untuk menentukan jumlah cluster yang paling optimal.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 62 prosedur, terdapat 50 model petri net valid yang digunakan untuk clustering dengan complete linkage. Pemotongan diterapkan pada titik 0.3 dan 0.4 yang menghasilkan 15 cluster dan 18 cluster. Average Silhouette pada titik 0.3 adalah 0.78, sedangkan  pada  titik  0.4  adalah  1.   Dari  nilai  average silhouette dapat diketahui bahwa pemotongan pada titik 0.4 menghasilkan jumlah cluster yang paling optimal.

Keywords

Business process, Clustering, Complete linkage, Petri net, Structural Similarity.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.