PANCASILA SEBAGAI PANDANGAN HIDUP BANGSA DAN PRAKTIKNYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Erlina Kusuma Wulandari, Erlina Kusuma Wulandari, Nency Fadila Rahmawati, Rossa Dwi Rahma Dianti, Rossa Dwi Rahma Dianti

Abstract

Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui lebih dalam tentang Pancasila dan mengetahui peran Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Pancasila selain sebagai dasar negara, juga merupakan kepribadian dan pandangan hidup bangsa Indonesia, seperti yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945. Bangsa Indonesia mempunyai dasar negara yang digali dari pandangan hidup bangsa Indonesia sendiri dan bersumber dari kepribadian bangsa Indonesia, yakni Pancasila. Pancasila dalam kedudukannya sebagai dasar negara inilah yang sering disebut sebagai dasar falsafah negara. Pandangan hidup terdiri dari cita-cita, kebijakan dan sikap hidup.

Keywords

Indonesia; Nilai luhur; Pancasila; Pandangan hidup; Sehari-hari

Full Text:

PDF

References

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila. (2023). Pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa : Harlah Pancasila. Bams. (2023). Pancasila sebagai Pandangan Hidup dehari-hari : Bams Education. Clooney, G. (2019). Kajian Mengenai Pancasila sebagai Pandangan Hidup bangsa Hafil, M. (2023). Pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa Dinilai Sudah Final : News Republika Jakarta. Nissa, A dan Dinie Anggraeni. (2021). Implementasi Pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia dalam Kehidupan Sehari-hari. Pasla. (2023). Pancasila sebagai Pandangan Hidup Sehari-hari. Jambi.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.