KEDUDUKAN PANCASILA SEBAGAI DASAR DAN IDEOLOGI NEGARA

Ben Citra Putri Essla, Dafa Lathif Musyaffa, Nindya Dwika Putri

Abstract

Pancasila menjadi sumber hukum di Indonesia yang dijelaskan di dalam UUD 1945. Pancasila selain berfungsi sebagai dasar negara tetapi juga memuat sumber hukum, prinsip moral, cita-cita nasional dan pembentuk jati diri bangsa Indonesia. Dengan paham akan nilai yang terkandung dalam Pancasila, kita berharap dapat merealisasikan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan. Sesuai dengan tujuan untuk menjadikan masyarakat Indonesia yang bertakwa, berkemanusiaan, adil, beradab dan berkeadilan sosial. Nilai-nilai Pancasila sudah mulai luntur dalam kehidupan saat ini. Oleh karena itu ulasan ini ditulis dengan tujuan untuk memberikan wawasan tentang pentingnya mengetahui nilai, fungsi dan penerapan Pancasila sebagai dasar negara. Nilai-nilai dalam Pancasila harus terwujud dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Keywords

Kata Kunci : dasar negara; ideologi; Pancasila; pandangan hidup; negara

Full Text:

PDF

References

Jurnal :

Antari, L. P. S., & De Liska, L. (2020). Implementasi Nilai Nilai Pancasila Dalam Penguatan Karakter Bangsa. Widyadari, 21(2), 676-687.

Hamja, B. (2017). Pancasila Sebagai Dasar Negara Dan Ideologi Bangsa. Justisia-Jurnal Ilmu Hukum, 3(9), 11-20.Handayani, P. A., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Pancasila Sebagai Dasar Negara. Jurnal

Hidayat, N. A. S. N., & Dewi, D. A. (2021). Meningkatkan Kesadaran Generasi Muda Terhadap Implementasi Nlai-Nilai Pancasila di Era Globalisasi. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 50-57.

Kehidupan Masyarakat. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 7(1), 53-58.Kewarganegaraan, 5(1), 6-12.

Lisnawati, A., & Dewi, D. A. (2022). Meneguhkan Nilai Pancasila sebagai Dasar Negara dan Idiologi Bangsa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9893-9900.

Ningsih, I. S. (2021). Hakikat Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Ideologi Negara. OSF Preprints, 7(1).

Nurhikmah, A. R., & Nugrahaningtyas, N. (2021). Dinamika Pancasila Sebagai Dasar Negara Dan Pandangan Hidup Bangsa. Jurnal Pancasila, 2(2), 59-69.

Sari, R., & Najicha, F. U. (2022). Memahami Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Dasar Negara Dalam

Wandani, A. R., & Dewi, D. A. (2021). Penerapan Pancasila Sebagai Dasar Kehidupan Bermasyarakat. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 1(2), 34-39.

Buku :

Irwan Gesmi, S.Sos., M.Si dan Yun Hendri, SH, MH. (2018). Buku Ajar Pendidikan Pancasila. Uwais Inspirasi Indonesia Ds. Sidoarjo, Kec. Pulung, Kab. Ponorogo

Paristiyanti Nurwardani. (2016). Pendidikan Pancasila untuk Perguruan Tinggi. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan

Ujang Suratno. (2020). Pendidikan Pancasila. K Media

Refbacks

  • There are currently no refbacks.