IMPLEMENTASI HAK DAN KEWAJIBAN WARGA NEGARA DALAM UPAYA MENINGKATKAN KARAKTER MAHASISWA

Anggina Maharani, Anggit Satriya Wirayudha, Anggun Pramesti Rizkia Firdaushi

Abstract

Hak dan kewajiban merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan antara satu dengan lainnya. Sebagai warga negara Indonesia, mahasiswa di Indonesia mempunyai hak untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Makalah ini bertujuan untuk menjelaskan hak dan kewajiban apa saja yang harus dimiliki oleh mahasiswa sehingga dapat meningkatkan karakter dan tanggung jawabnya. Makalah ini dibuat dengan cara studi literatur terkait teori dan jurnal-jurnal kewarganegaraan. Kemudian hasil studi literatur dikelompokan bedasarkan hak dan kewajiban warga negara. Setelah itu hasil pengelompokan tersebut disesuaikan dengan tugas-tugas sebagai mahasiswa untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Selanjutnya hasil perbandingan tersebut dibuat kesimpulannya. Hasil makalah ini menujukan bahwa jika mahasiswa melaksanakan hak dan kewajibannya sebagi warga negara maka kemungkinan besar akan mendapatkan pendidikan yang layak hal ini dikarenakan mahasiswa yang melaksanakan hak dan kewajibannya yang benar dapat membantu terciptanya pendidikan yang baik. Mahasiswa sebagai warga negara Indonesia yang baik jika mengimplementasikan hak dan kewajiban yang benar maka akan mendapatkan pendidikan yang layak.

Keywords

Hak; Kewajiban; Karakter; Mahasiswa; Warga Negara

Full Text:

PDF

References

Aulia Izzati, F., & Abdurrahman Wahid, U. K. (2023). Harmonisasi Hak Dan Kewajiban Mewujudkan Warga Negara Bertanggung Jawab (Civic Responsibility). Jurnal Kalacakra: Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 4(1), 1–6. Https://Jurnal.Untidar.Ac.Id/Index.Php/Kalacakra/Index

Firdaus, F. A., Diamantina, A., & Soemarmi, A. (2022). Hak Dan Kewajiban Warga Negara Indonesia Yang Kewarganegaraannya Diperoleh Melalui Naturalisasi. In Diponegoro Law Journal (Vol. 11, Issue 2).

Hasanah, I. R. (N.D.). Pelaksanaan Hak Dan Kewajiban Warga Negara Indonesia Di Dalam Bidang Pendidikan Tinjauan Dari Pasal 31 Undang-Undang Dasar Tahun 1945.

Henokh, B., Oktaviani, P., & Sophianti, J. C. (N.D.). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan Bagi Generasi Muda Dalam Mambangun Karakter Bangsa. Volume 2 Number 1 (2023): June E-Issn: ****-*** Indigenous Knowledge.

Ni, P., Sari, Mala, & Psikologi, J. (2019). Prosiding Seminar Nasional 2019 Pengembangan Karakter Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Surabaya.

Nurpratiwi, H. (2021). Membangun Karakter Mahasiswa Indonesia Melalui Pendidikan Moral. Jipsindo, 8(1), 29–43. Https://Doi.Org/10.21831/Jipsindo.V8i1.38954

Yasin, J. (N.D.). Hak Azasi Manusia Dan Hak Serta Kewajiban Warga Negara Dalam Hukum Positif Indonesia.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.