Komunikasi Digital Semasa COVID-19 dalam Perubahan Perilaku Masyarakat
Abstract
kebijakan telah dilakukan oleh pemerintah untuk mengurangi resiko terjangkit virus
Corona salah satunya dengan menjaga jarak dan tinggal di rumah. Dengan berkurangnya kesempatan untuk menghabiskan waktu kontak langsung secara social maka masyarakat mempunyai perubahan perilaku agar tetap bisa melakukan kegiatan sosial. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh komunikasi digital di masa pandemi COVID-19 terhadap perubahan perilaku masyarakat.Penggunaan internet dihubungkan dengan perubahan perubahan perilaku sosial selama pandemi.Saat ini perilaku masyarakat cenderung kepada teknologi tetapi tidak semua masyarakat dapat menggunakan teknologi dengan baik.Pengetahuan dan pengalaman bisa di dapatkan melalui jejak digital.Selain itu, pembahasan mengenai masyarakat dapat bertahan dengan perubahan cara menggunakan komunikasi digital lebih lama.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Bourdieu, P., & Wacquant, L. J. (1992). An Invitation to Reflexive Sociology. UK: Polity Press.
Budarick, J. (2003). Media, Home, and Diaspora. In B. C. Cammaerts, & N. Anstead, MEDIA @ LSE Electronic Working Papers (pp. 1-20). London: London School of Economic and Political Science.
Budiman, K. (2002). Di Depan Kotak Ajaib: Menonton Televisi Sebagai Praktik Konsumsi. Yogyakarta: Galang Press.
cbsnews.com. (2009, January 30). A History of Sunday. Diakses pada Maret 11, 2020, from cbsnews.com: https://www.cbsnews.com/news/ahistory-of-sunday/
Certeau, M. d. (1984). The Practice of Everyday Life. Berkeley: University of California Press.
Hao, H., & Xiao, Q. (2021). Understanding the impacts of COVID-19 on online consumer behavior: A review and research agenda. Journal of Business Research, 128, 110–118
Nguyen, M. H., Gruber, J., Fuchs, J., Marler, W., Hunsaker, A., & Hargittai, E. (2020). <? covid19?> Changes in Digital Communication During the COVID-19 Global Pandemic: Implications for Digital Inequality and Future Research. Social media+ society, 6(3), 2056305120948255.
Pang, N., & Chen, K. (2021). The role of social media during the COVID-19 pandemic: A review. Journal of Risk Research, 24(3-4), 281–293
Putra, S. M., Wijayanti, N., & Budiarti, R. (2021). Utilization of Digital Communication Media in the Covid-19 Pandemic Era. KnE Social Sciences, 5(16), 196–205
Putri, N. I., Herdiana, Y., Munawar, Z., & Komalasari, R. (2021). Teknologi pendidikan dan transformasi digital di masa pandemi covid-19. Jurnal ICT: Information Communication & Technology, 20(1), 53-57.
Putri, N. I., Suharya, Y., Munawar, Z., & Komalasari, R. (2021). Pengaruh Komunikasi Digital di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Perubahan Perilaku Masyarakat. Komversal: Jurnal Komunikasi Universal, 3(2), 89-100.
Tamplin, K., Soliman, M. A., & Gregory, K. (2021). Telehealth and teletherapy in the context of a pandemic: An overview of the literature and practical implications. Counselling Psychology Quarterly, 1–16.
Zarocostas, John. (2020). How to fight an infodemic. The lancet, 395(10225): 676.
Refbacks
- There are currently no refbacks.