Pemaknaan Ibu & Anak Terhadap Video Cerita Edukasi Covid-19 )Analisis Stuart Hall Pada Video Kumparan #Ceritaanak Di Youtube)

Mifta Aulia Feliani

Abstract

Melihat dari banyaknya korban yang meninggal dunia dan juga banyak yang
terkena virus ini, tentu saja banyak pihak termasuk juga pemerintah indonesia untuk melakukan berbagai pencegahan virus corona. Adapun cara yang dapat dilakukan oleh media dan juga pemerintah ialah kampanye kesehatan. Dalam rangka penanganan Covid- 19, video atau audio visual dapat dipilih sebagai salah satu cara mengedukasi sosialisasi kepada masyarakat di masa pandemi Penggunaan media sosial seperti Youtube juga telah digunakan sebagai media promosi untuk mencegah penyebaran virus corona, hal ini pun dilakukan oleh Kumparan untuk memanfaatkan platform Youtube untuk mengedukasi masyarakat khususnya untuk anak-anak. Penelitian ini ditunjukan untuk mengetahui pemaknaan ibu & anak terhadap video cerita edukasi Covid-19 pada Youtube Kumparan #CeritaAnak. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan analisis resepsi. Berdasarkan hasil wawancara dengan keempat pasangan informan menghasilkan posisi pembaca yaitu ketiga informan berada dalam posisi dominant-hegemonic reading, artinya informan memaknai pesan yang disampikan di dalam video cerita #CeritaAnak untuk memberikan edukasi Covid-19 bagaimana cara-cara agar anak terhindar dari Covid-19. Sedangkan seorang informan berada dalam posisi negotiated reading, artinya penerima informan juga disesuaikan dengan kondisi sosial mereka, penerimaan tersebut bersifat fleksibel.

Keywords

Covid-19; Ibu & Anak, Video Cerita,;Resepsi

References

Armani , R. E., Nursanti , S., & Ramdhani , M. (2021 ). KAMPANYE GEMA (GERAKAN BERSAMA) MELAWAN COVID-19 OLEH DINAS KESEHATAN KABUPATEN KARAWANG. Journal of Communication Studies Vol. 6 No. 1. 9-20. CNBC Indonesia . (2020, Oktober 04). Bingung Edukasi Covid-19 ke Anak? Ini Tips dari Kak Seto. Retrieved from cnbcindonesia.com : cnbcindonesia.com/news/2020100 4144302-4-191763/bingungedukasi-covid-19-ke-anak-ini-tipsdari-kak-seto Covid19.co.id. (2022, febuari 12). Data Sebaran. Retrieved from Covid19.co.id: Covid19.co.id Creswell, J. W. (2014). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Intiha , F. (2020). ANALISIS RESEPSI PRESENTASI DIRI KONTEN TIKTOK @REZAGLADYS OLEH PENGIKUT AKUN. Tangerang Selatan : Universitas Pembangunan Jaya . Mungkasa, O. (2020). Bekerja dari Rumah (Working From Home/WFH): Menuju Tatanan Baru Era Pandemi COVID 19. The Indonesian Journal of Development Planning Vol. 4 No. 2, 126-150. Meidina, R. S. (2018 ). Pengaruh Edukasi melalui Media Audio Visual terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja Overwight . Jurnal Kesehatan , 478. Neuman., W. L. (2013). Metode penelitian sosial: Pendekatan kualitatif dan kuantitatif eds. 7. Jakarta: PT. Indeka. Sugiyono. (2012 ). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta . Sugiyono. (2017 ). Metode Penelitian Kualitatif. Untuk Penelitian yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif, dan Konstruktif. Bandung : Alfabeta . Sarkadi , Vidanti , V., & Astuti , H. W. (2021). PEMANFAATAN VIDEO SOSIALISASI PROTOKOL KESEHATAN UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN MASYARAKAT . Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 04 No. 2, 218-223. Triyandra, A. C. (2017). Perencanaan Komunikasi Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru dalam Mensosialisasikan Program Smart City Doctoral dissertation . Riau : Riau University . Yuliana. (2020). Wellness and Healthy Magazine, 2(1) , 187. Yang , P., Liu, P., Li , D., & Zhao , D. (2020). Corona Virus Disease 2019, a Growing Threat to Children? . Journal of Infection,1

Refbacks

  • There are currently no refbacks.