Analisa SWOT Akun Instagram @jadesta.official Sebagai Media Promosi Desa Wisata di Indonesia

Maria Regina

Abstract

Desa Wisata memberikan pengalaman liburan baru bagi pengunjung. Melalui
Kemenparekraf, pemerintah terlibat dalam pengelolaan Desa Wisata. Pada tahun 2024, 244 desa wisata akan disertifikasi sebagai desa wisata mandiri. Indonesia memiliki 75.000 desa dengan potensi besar untuk mengembangkan desa wisata.
Keseriusan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam menumbuhkan Desa Wisata Indonesia diawali dengan penganugerahan Penghargaan Desa Wisata Indonesia (ADWI) yang pertama kali diadakan pada tahun 2021. destinasi pariwisata yang kompetitif. Keseriusan dilanjutkan dengan website Jadesta yang dulunya merupakan situs pendaftaran ADWI. Saat ini website sedang dikembangkan menjadi wadah komunitas Desa Wisata di Indonesia. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga menginisiasi media sosial Instagram @jadesta.official untuk mempromosikan Desa Wisata Indonesia. Akun Instagram tersebut kini memiliki lebih dari 1.000 pengikut. Akun Instagram @jadesta.official menarik perhatian peneliti untuk melihat lebih dalam kekuatan, kelemahan, ancaman, dan peluang akun Instagram @jadesta.official sebagai sarana promosi Desa Wisata. Melalui analisis SWOT dan TOWS, Indonesia mengetahui secara internal dan eksternal faktor apa saja yang mempengaruhi inisiasi dan efektivitas akun Instagram @jadesta.official dalam mempromosikan Desa Wisata Indonesia.

Keywords

Desa Wisata, Media sosial, Analisis SWOT

References

[APJII]. 2016. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. Tersedia pada: https://www.apjii.or.id Chemweno, P., Wamuba, P., Roeland, B., Ostaeyen, J. V., and Horenbeek, A. V. (2012). Strategic management process and SWOT analysis for adoption of maintenance strategies for wind turbine gearbox. Environmental Geology, 7(5), 224–224. https://doi.org/10.1007/1-4020-4494-1 _124 Firdaus AM. 2019. Efektivitas Instagram sebagai media promosi produk olahan pertanian kopi di Rumah Kopi Sunda Hejo. [skripsi]. [internet]. Bogor (ID). Institut Pertanian Bogor Hermawan, Agus. (2000). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga. Kemenparekraf. 2021. Anugerah Desa Wisata Indonesia. Retrieved from May 22, 2022, from Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif: https://kemenparekraf.go.id/ragam-par iwisata/Anugerah-Desa-Wisata-Indonesia Nafis AGR 2017. Efektivitas media social Instagram sebagai media promosi pada produk jilbab Afra. [Internet].[skripsi Semarang(ID): Universitas Islam Negri Walisongo Nasrullah, Rulli. (2015). Media Sosial: Prosedur, Tren, dan Etika. Bandung: Simbiosa Rekatama Media. Napoleon Cat, “Pengguna Instagram di Indonesia Bertambah 3,9 Juta pada Kuartal IV-2021 Databoks,” 2021, Accessed: May 22, 2022. [Online]. Available: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/01/10/pengguna-instagram14-di-indonesia-bertambah-39-juta-padakuartal-iv-2021 Neuman, W. L. (2014). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches. In Pearson Education Limited (7th Ed.). https://doi.org/10.1234/12345678 Purwadi, P., and Irwansyah, I. (2019). Aplikasi JAWARA: Pemandu Digital Terasa seperti Pemandu Berbasis Komunikasi Analog? Jurnal Penelitian Komunikasi, 22(2), 123–138. https://doi.org/10.20422/jpk.v22i1.609 Rangkuti, Freddy. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: Gramedia

Refbacks

  • There are currently no refbacks.