Hubungan Tipe Kepribadian terhadap Intensitas Komunikasi Verbal Selama Pandemi (Studi pada Remaja Akhir Dengan Teman Sebaya Di Tangerang Selatan)

Dhea Namira, Destia Fitri Ardiana

Abstract

Pandemi Covid-19 memberikan dampak tehadap keterbatasan interaksi komunikasi secara tatap muka antar masyarakat, hal ini memungkinkan seseorang dengan tipe kepribadian introvert lebih senang dibandingkan dengan seseorag yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert. Maka dari itu, peneliti ingin melihat Hubungan Tipe Kepribadian terhadap Intensitas Komunikasi Verbal selama pandemi dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif melalui kuesioner online kepada 100 responden remaja akhir dengan rentang usia 20-24 di Tangerang Selatan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikais interpersonal dengan konsep tipe kepribadian dan intensitas komunikasi verbal. pada konsep tipe kepribadian menggunakan alat ukur Eysenck Personality Inventory (EPI) dan intensitas komunikais verbal menggunakna tiga indikator yaitu frekuensi, durasi, dan isi pesan. Uji analisa data yang menggunakan rumus spearman. Hasil penelitian menunjukan nilai signifikansi 0,648 lebih besar dari 0,05 sehingga Ho diterima. Kemudian, kontribusi yang diberikan oleh variabel X terhadap variabel Y sebesar 0,1764% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

Keywords

Tipe Kepribadian; EPI; Intensitas Komunikasi Verbal; Pandemi

References

Amin, M. A., & Juniati, D. (2017). KLASIFIKASI KELOMPOK UMUR MANUSIA BERDASARKAN ANALISIS DIMENSI FRAKTAL BOX COUNTING DARI CITRA WAJAH DENGAN DETEKSI TEPI CANNY. Jurnal Ilmiah Matematika . Aw, S. (2011). Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu. Banten Bps. (2020). Laju Pertumbuhan Penduduk Menurut Kabupaten/Kota di Provinsi Banten (persen), 2011 – 2019. Retrieved from banten.bps.go.id: https://banten.bps.go.id/linkTableDinamis/view/id/71 Firdanianty, P.Lubis, D., Puspitawati, H., & Susanto, D. (2016). POLA KOMUNIKASI REMAJA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SMA DI KOTA BOGOR. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia. Jannah, M. (2016). REMAJA DAN TUGAS- TUGAS PERKEMBANGANNYA DALAM ISLAM. Jurnal Psikoislamedia. Mutiara, A. R., Yusmansyah, & Mayasari, S. (2018). Hubungan Antara Interaksi Teman Sebaya Dengan Prestasi Belajar. garuda.ristekdikti.go.id. Novianti, R. D., Sondakh, M., & Rembang, M. (2017). KOMUNIKASI ANTARPRIBADI DALAM MENCIPTAKAN HARMONISASI (SUAMI DAN ISTRI) KELUARGA DIDESA SAGEA KABUPATEN HALMAHERA TENGAH. media.neliti.com. Pitipaldi, K., Bakhtiar, A., & Suliantoro, H. (2018). ANALISIS KORELASI SPEARMAN SNI ISO STANDAR SISTEM MANAJEMEN KUALITAS TERHADAP HAK KEKAYAAN INDUSTRIAL DI INDONESIA. ejournal3.undip.ac.id. Ridho, S. I. (2015). Pengaruh intensitas komunikasi anak dengan orang tua terhadap regulasi diri siswi kelas VIII Mts Raudlatul Ulum Putri Gondanglegi Malang. Malang: Etheses Universitasl Islam Negeri Mulana Malik Ibrahim. Sari, F. P., & Hasyim, D. (2017). Pengaruh Intensitas Komunikasi Orang Tua Dan Anak Terhadap Sikap Sosial Siswa . neliti.com. Widiantari, K. S., & Herdiyanto, Y. K. (2013). Perbedaan Intensitas Komunikasi Melalui Jejaring Sosial antara Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert pada Remaja. (2013, vol 1, no 1). ojs.unud.ac.id. Wijaya, I. S. (2013). KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN IKLIM KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI. Jurnal Dakwah Tabligh. Wood, J. T. (2014). Komunikasi Teori dan Praktik. Jakarta: Humanika.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.