Dinamika Komunikasi Sebagai Ilmu Pengetahuan pada Era Konvergensi Media

Benyamin Imanuel Silalahi

Abstract

Konvergensi media merupakan suatu konsep dalam ilmu komunikasi yang dianggap memiliki dampak yang sangat besar, khususnya dalam era kontemporer saat ini. Sebagai suatu disiplin ilmu yang mengkaji konvergensi media, implikasi konvergensi media dialami oleh ilmu komunikasi itu sendiri. Teori baru banyak bermunculan untuk menjawab fenomena dan teori lama harus mengalami uji relevansi. Bagi praktik pembelajaran, popularitas ilmu komunikasi membuahkan tantangan bagi masa depan dalam hal menjawab kebutuhan. Standar intelektual yang diharapkan ketika informasi mengalir melalui beragam media menjadi semakin tinggi. Selain itu, ragam latar belakang masalah dan metode baru yang ditawarkan di era konvergensi media bagi riset ilmu komunikasi membuahkan tantangan dan signifikansi baru. Semakin meluasnya bidang kajian yang beriringan dengan kemunculan bidang-bidang baru membuat identitas keilmuan komunikasi mengalami sebuah pertanyaan yang harus dijawab oleh pihak-pihak yang terlibat di dalamnya.

Keywords

Ilmu komunikasi; konvergensi media; teori; pembelajaran; riset

References

Adiprasetio, J. (2019). Perkembangan Ilmu Komunikasi di Indonesia: Instrumentalisasi Kuasa Hingga Mekanisme Pasar. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 6(2), 124-149. Doi: 10.22146/jps.v6i2.51583

Balgi, G. (2017). Deconstructing “Media Convergence”: A Cultural History of the Buzzword, 1980s-2010s. Media Convergence and Deconvergence, 1, 31-51. Tersedia di https://www.academia.edu/35017931/Balbi_G._2017_._Deconstructing_Media_Convergence_A_Cultural_History_of_the_Buzzword_1980s-2010s

Bryne, D. (2017). How Does The Literature Review Differ From Doing Desk Research?. Project Planner, tersedia di https://methods.sagepub.com.ezproxy.ugm.ac.id/project-planner/reviewing-the-literature/i354?fromsearch=true

Calhoun, C. (2011). Communication as Social Science (and More). International Journal of Communication. 5, 1-20. Doi: 1932-8036/2011FEA0002.

Calhoun, C. (2011). Communication as Social Science (and More). International Journal of Communication. 5, 1-20. Doi: 1932-8036/2011FEA0002.

Cartwright, L. (2002). Film and the Digital in the Visual Studies: Film Studies in the Era of Convergence. Journal of Visual Culture, 1, 7-23. Doi: 10.1177/147041290200100102

Cartwright, L. (2002). Film and the Digital in the Visual Studies: Film Studies in the Era of Convergence. Journal of Visual Culture, 1, 7-23. Doi: 10.1177/147041290200100102

Church, R., M. (2001). The Effective Use of Secondary Data. Learning and Motivation, 33, 32-45. Doi: 10.1006/Imot.2001.1098

Dwyer, T. (2010). Media Convergence. New York: McGraw Hill.

Gasher, M. (2011). Media Convergence. April 9, 2020, tersedia di https://thecanadianencyclopedia.ca/en/article/media-convergence

Griffin, E. (2012). A First Look at Communication Theory. New York: MacMillan.

Holliman, R. (2010). Media Convergence. Dalam Priest, S (Ed). Encyclopedia of Science and Technology Communication. California: SAGE Publications.

Jenkins, H. (1992). Textual Poachers: Television Fans & Participatory Culture. New York: Routledge.

Jenkins, H. (2006). Convergence Culture: When Old and New Media Collide. New York: New York University Press.

Kolodzy, J., Grant, A. E., DeMars, T. R., & Wilkinson, J. S. (2014). The Convergence Years. Journalism & Mass Communication Educator, 69(2), 197-205. Doi: 10.1177/1077695814531718

Kozinets, R. (2010). Netnography: Doing Ethnographic Research Online. London: SAGE Publications.

Kunz, W. M. (2007). Culture Conglomerates: Consolidation in the Motion Picture and Television Industries. Maryland: Rowman & Littlefield.

McLuhan, M. (1964). Understanding Media. New York: Mentor.

Pooley, J., D. (2011). Another Plea for the University Tradition: The Institutional Roots of Intellectual Compromise. International Journal of Communication. 5, 1442-1457. Doi: 1932-8036/2011FEA1442

Wang, G. (2011). Paradigm Shift and the Centrality of Communication Discipline. International Journal of Communication, 5, 1458-1466. Doi: 1932-8036/2011FEA1458

West, R., & Turner, L. (2007). Introducing Communication Theory: Analysis and Application (3rd Ed). New York: McGraw Hill.

Wiryanto. (2014). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Gramedia Widiasarana.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.