Strategi Komunikasi Krisis Maskapai Penerbangan di Indonesia (Studi Analisis Komunikasi Krisis Adam Air, Air Asia dan Sriwijaya Air dalam Menghadapi Krisis Kecelakaan Pesawat melalui Prespektif Komunikasi Islam)

Alifa Nur Fitri, Fitri Fitri, Abdul Karim, Farida Rachmawati

Abstract

Strategi komunikasi krisis diperlukan untuk perusahaan dalam menghadapi krisisnya apakah tetap bertahan atau gagal. Krisis datangnya tiba-tiba, tidak bisa diprediksi sebelumnya. Bagi maskapai penerbangan, krisis yang paling mengerikan adalah terjadinya kecelakaan pesawat terbang. Jika pengelolaan komunikasi krisisnya tidak baik bisa berakibat fatal yaitu gulung tikar seperti apa yang dialami oleh Maskapai Adam Air. Tujuan dari tulisan ini adalah  membandingkan beberapa komunikasi krisis yang dilakukan oleh maskapai penerbangan Indonesia yang pernah mengalami kecelakaan pesawat yaitu Adam Air, Air Asia dan Sriwijaya Air. Selain mengetahui strategi komunikasi krisis juga akan dibahas manajemen krisis dan peran public relations dalam mengelola krisis tersebut dan memulihkan reputasi perusahaan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah strategi komunikasi yang dilakukan oleh Air Asia dan Sriwijaya Air  dapat menangani krisis dengan baik. Air Asia berhasil mengembalikan citra baik perusahaan sedangkan Sriwijaya Air masih dalam tahapan pemulihan krisis karena krisis yang daialami Sriwijaya Air lebih kompleks dan masih dalam masa Pandemi. Beberapa Langkah yang dilakukan adalah membuat media center untuk mempermudah komunikasi dan informasi satu pintu untuk keluarga korban dan media. Penyampaian komunikasi krisis yang dilakukan oleh Sriwijaya Air dan Air Asia sesuai dengan prespektif komunikasi Islam.

 

ABSTRACT

 

A crisis communication strategy is needed for the company in the face of its crisis whether it persists or fails. The crisis came suddenly, unpredictably before. For airlines, the most dire crisis is the occurrence of aircraft accidents. If the management of crisis communication is not good it can be fatal, namely what kind of rollout experienced by Adam Air Airlines. The purpose of this paper is to compare some crisis communication conducted by Indonesian airlines that have experienced plane accidents, namely Adam Air, Air Asia and Sriwijaya Air. In addition to knowing the crisis communication strategy will also be discussed crisis management and the role of public relations in managing the crisis and restoring the reputation of the company. The results of the research obtained are communication strategies conducted by Air Asia and Sriwijaya Air can handle the crisis well. Air Asia managed to restore the company's good image while Sriwijaya Air is still in the crisis recovery stage because the crisis that is experienced by Sriwijaya Air is more complex and still in the pandemic period. Some steps are done is to create a media center to facilitate communication and information one door for the victim's family and the media. The delivery of crisis communication conducted by Sriwijaya Air and Air Asia in accordance with the perspective of Islamic communication.

 

Keywords: Crisis Communication, Crisis Management, Imagery, Plane Crash

Kata Kunci: Komunikasi Krisis, Manajemen Krisis, Citra, Kecelakaan Pesawat

 

Keywords

Komunikasi Krisis; Manajemen Krisis; Citra; Komunikasi Islam

Full Text:

PDF

References

Tempo.co (26 Mei 2017). Meningkat, Jumlah Pemudik Pesawat Diperkirakan 5,5 Juta. Dalam [https://bisnis.tempo.co/read/879067/meningkat-jumlah-pemudik-pesawat-diperkirakan-55-juta/full&view=ok] diakses pada 4 September 2020

Setiawan, Sakina Rakhma Diah. (15 Mei 2014). Penumpang Malaysia Airlines Nyaris Sentuh Level Terendah dalam [https://properti.kompas.com/read/2014/05/15/1112198/Penumpang.Malaysia.Airlines.Nyaris.Sentuh.Level.Terendah] diakses pada 4 September 2020

Hafil, Muhammad. (30 Oktober 2018). Sejumlah Kecelakaan Pesawat di Indonesia 15 Tahun Terakhir dalam [https://republika.co.id/berita/phcvu6430/sejumlah-kecelakaan-pesawat-di-indonesia-15-tahun-terakhir] diakses pada 2 Februari 2021

Lesly, Philip. (1993). Report and Recomendations: Task Force on Statute and Role of Public Relations

Soemirat, Soleh. (2017) Dasar-Dasar Public Relation,:Remaja Rosdakarya

Soemirat, Soleh. & Erdianto, Elvinaro (2002). Dasar-Dasar Public Relation. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Handayani, Kiki., & Anom, Erman. (2010). Peran PR Menerapkan Manajemen Krisis dalam Memulihkan Citra PT. Garuda Indonesia Pasca Kecelakaan Pesawat Boeing G. 737/400 di Yogyakarta. KOMUNIKOLOGI: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 7(1).

Amali, Muhammad Thoyib. (2019). "Strategi Komunikasi Krisis Public Relations PT. Lion Mentari Airlines Dalam Merespon Kasus Kecelakaan Pesawat Lion Air JT610." Jurnal Audience: Jurnal Ilmu Komunikasi 2.2: 116-134

Majid, Nurkholis. (2020). Peran Reputasi Perusahaan dalam Membangun Kepercayaan Pelanggan Maskapai Penerbangan. Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Akuntansi Dan Bisnis, 1(2), 66–72

Latief, Syahid. (30 September 2013). Adam Air Tutup dengan Penuh Misteri dalam [http://bisnis.liputan6.com/read/706907/adam-air-tutup-dengan-penuh-misteri?p=5] diakses pada 20 September 2020

Nova, Firsan. (2009). Crisis Public Relations: Bagaimana PR Menangani Krisis Perusahaan. Grasindo: Jakarta.

Pascarani, Ni Nyoman Dewi; Cahyani, Dewi Yuri. Strategi Komunikasi Krisis Air Asia. Skripsi. Denpasar: Universitas Udayana

Fadliansyah, Muchammad Egi. (18 Juni 2020). AP I Catat Jumlah Penumpang Pesawat Terus Naik Sejak Normal Baru dalam [https://katadata.co.id/febrinaiskana/berita/5eeaddf94c860/ap-i-catat-jumlah-penumpang-pesawat-terus-naik-sejak-normal-baru] diakses pada 20 September 2020

Tim editor Kumparan Bisnis. (10 Januari 2021). Sederet Maskapai Bangkrut Usai Kecelakaan, Bagaimana Nasib Sriwijaya Air dalam [https://kumparan.com/kumparanbisnis/sederet-maskapai-bangkrut-usai-kecelakaan-bagaimana-nasib-sriwijaya-air-1ux4YINMSLo/full] diakses pada 2 Februari 2021

Putra, Idris Rusadi. (13 Januari 2021). Sriwijaya Air Terlilit Masa Sulit, Cerai dari Garuda Hingga Dibayangi Kebangkrutan dalam [https://www.merdeka.com/uang/sriwijaya-air-terlilit-masa-sulit-cerai-dari-garuda-hingga-dibayangi-kebangkrutan.html] diakses 2 Februari 2021

Kencana, Maulandy Rizky Bayu. (10 Januari 2021). Sudah 26 Tahun, Sriwijaya Air SJ182 Tak Langgar Batas Usia Pesawat dalam [https://www.liputan6.com/bisnis/read/4453687/sudah-26-tahun-sriwijaya-air-sj182-tak-langgar-batas-usia-pesawat] diakses pada 2 Februari 2021

Press Release Sriwijaya Air. (11 Januari 2021). Tanggapan Resmi Sriwijaya Air Terkait Musibah Pada Penerbangan SJ-182 dalam [https://surabaya.tribunnews.com/2021/01/11/tanggapan-resmi-sriwijaya-air-terkait-musibah-pada-penerbangan-sj-182] diakses pada 2 Februari 2021

Muslimah. (2016). Etika Komunikasi dalam Persfektif Islam. STAI Syarif Kasim RIAU, 13(2).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.