The Role of Teachers in Facilitating The Development of Emotional Intelligence of Students: A Case Study of SMK Students in Surakarta
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Sukidin, B. (2002). Metode penelitian kualitatif perspektif mikro. Surabaya: Insan Cendekia.
Fitrianik, C. (2020). Peran Guru Dalam Manajemen Kelas Untuk Peningkatan Kecerdasan Emosional. Joyful Learning Journal, 9(4), 198-204. https://doi.org/10.15294/jlj.v9i4.39864
Gusniwati, M. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Minat Belajar Terhadap Penguasaan Konsep Matematika Siswa Sman Di Kecamatan Kebon Jeruk. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan Mipa, 5(1). http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v5i1.165
Goleman, Daniel (2003). Emotional Intelligence: Mengapa Eq Lebih Penting Daripada Iq. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hanifah, N. (2016). Pengaruh Persepsi Siswa Mengenai Kompetensi Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer di SMK Negeri 1 Banyudono. https://doi.org/10.20961/jiptek.v12i1.24276
Iriyanti, M. F. R., Fatimah, S., & Septian, M. R. (2022). Profil Kecerdasan Emosional Siswa Di Smk Kimia Dharma Bhakti. Fokus (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 5(6), 466. https://Doi.Org/10.22460/Fokus.V5i6.8926
Mutmainah, H., & Mufid, M. (2018). Upaya Guru Pai Dalam Peningkatan Kecerdasan Emosional Dan Spiritual Peserta Didik Di Sman 1 Bojonegoro. At-Tuhfah: Jurnal Studi Keislaman, 7(1), 80-95. https://doi.org/10.36840/jurnalstudikeislaman.v7i1.118
Pramistawati, E. Evaluasi Penerapan Problem-based Learning dalam Mengatasi Kesulitan Konsentrasi saat Pembelajaran. Journal of Informatics and Vocational Education, 5(3). from https://jurnal.uns.ac.id/joive/article/view/70410/39079
Pebrioni, N. M., Iriani, A., & Dwikurnaningsih, Y. (2021). Development of Vocabulary Training Module Using Games for Vocational English Teachers to Improve Teachers’ Competency. IJIE (Indonesian Journal of Informatics Education), 5(2), 37-45. https://dx.doi.org/10.20961/ijie.v5i2.54534
Rahmawati, D., & Tanah Boleng, D. (2022). Karakteristik Kematangan Emosi Sebagai Profil Peserta Didik Kelas X Di Sma Negeri 5 Samarinda. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman
Ramli, R., & Prianto, N. (2019). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Kecerdasan Emosional. Jurnal Al-Ibrah, 8(1), 14-29.
https://www.jurnal.umpar.ac.id/index.php/ibrah/article/download/18/14
Rismayanthi, C. (2011). Optimalisasi Pembentukan Karakter Dan Kedisiplinan Siswa Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 8(1). https://doi.org/10.21831/jpji.v8i1.3478
Setyowati, A., Efendi, A., & Basori, B. (2018). The Analysis of Reward Systems Implementation in Basic Network Course: Case Study of a Vocational School in Solo, Central Java. Indonesian Journal of Informatics Education, 2(1), 57-64. : https://doi.org/10.20961/ijie.v2i1.13198
Supriyanto, A. S., & Troena, E. A. (2012). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kepemimpinan Transformasional, Kepuasan Kerja Dan Kinerja Manajer (Studi Di Bank Syari’ah Kota Malang). Jurnal Aplikasi Manajemen, 10(4), 693-617.
https://jurnaljam.ub.ac.id/index.php/jam/article/view/455/493
Wulandari, D. (2012). Gambaran Kecerdasan Emosional Pada Siswa Smkn 1 Jakarta. In Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi (Vol. 1, Issue 1). https://doi.org/10.21009/JPPP.011.24